Wapres JK Perintahkan Mensos Cari Lokasi Baru bagi Pencari Suaka di Kalideres

Rabu, 4 September 2019 14:49 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wapres JK Perintahkan Mensos Cari Lokasi Baru bagi Pencari Suaka di Kalideres Pengungsi pencari suaka. ©2019 Merdeka.com/Paquita

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait pencari suaka di Kalideres, Jakarta Barat. Dia mengaku sudah memerintahkan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita untuk mencarikan tempat dan lokasi penampungan baru bagi mereka.

"Saya sudah bicara dengan Gubernur Anies kemarin. Kemudian saya meminta Menteri sosial untuk mencari fasilitas yang lebih manusiawi dan lebih baik. Kemudian kerja sama dengan UNHCR untuk hal tersebut. Nanti kita satu dua hari kita selesaikan," kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Selasa (4/9).

JK menjelaskan para pencari suaka akan diberikan tempat yang layak. Namun dia belum mau merinci terkait hal tersebut.

"Ya mencari tempat lain, karena mereka itu umumnya berasal dari daerah dingin, enggak kuat tinggal di daerah panas seperti itu. Di Afganistan, dari Iran dari mana Somalia. Jadi ya pemerintah mencari solusi yang baik satu, dua hari ini," ungkap JK.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu keputusan pemerintah pusat. Dia mengungkapkan, pihaknya tak bisa berbuat banyak dan hanya bisa bertindak dari sisi kemanusiaan.

"Saya koordinasi dengan pemerintah pusat, mereka juga sedang mencari tempat baru. Kita tunggu. Karena sisi kami, yang bisa kita lakukan adalah aspek kemanusiaan. Tetapi kalau solusi terhadap mereka sendiri itu di luar kewenangan kita," katanya, Selasa (3/9).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta tak ingin melampaui kewenangan pemerintah pusat dalam mengurusi para pencari suaka. Karena itulah yang bisa dilakukan adalah membantu dari sisi kemanusiaan khususnya pemenuhan kebutuhan dasar seperti makan, minum, penyediaan fasilitas MCK dan lainnya.

"Itu yang bisa kita support. Tapi pengaturannya, kita tak memiliki kewenangan. Tadi pagi (Selasa pagi) saya koordinasi dengan pemerintah pusat soal itu, mereka sedang mencari solusi tempat, kalau sudah kita kebut," jelasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini