Wapres JK: Kelemahan Masjid Itu Sound System Bergaung karena Salah Pasang

Rabu, 17 Juli 2019 11:24 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wapres JK: Kelemahan Masjid Itu Sound System Bergaung karena Salah Pasang Wapres Jusuf Kalla di Milad Dewan Masjid Indonesia. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Milad Dewan Masjid Indonesia (DMI) ke-47, dan halal bihalal bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Hotel Gran Sahid, Jakarta Pusat. Dalam sambutan, JK yang juga ketua DMI mengatakan masjid harus bermanfaat bagi sekitar. Salah satunya yaitu bekerja sama dengan pihak lain agar memakmurkan masjid.

"Tugas dewan masjid meningkatkan ibadah dengan cara memperbaiki fasilitas masjid dan bekerja sama dengan sistem masyarakatnya. Tetapi bangga melayani atau amal ibadah kepada masyarakat kita," kata JK saat membuka halal bihalal dan Milad Dewan Masjid Indonesia (DMI) ke-47 di Hotel Sahid, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (17/7).

JK menjelaskan mengurus masjid adalah bagian dari ibadah. Yaitu dengan cara memperbaiki layanan, meningkatkan da'inya hingga pelayanan. Dia mengatakan 80 persen waktu di masjid untuk mendengar dan 20 persen untuk salat. Namun ada kelemahannya, yaitu sound system yang masih terganggu. Karena itu, pihak DMI kata dia menyediakan 120 mobil operasi dan 500 teknisi.

"Kelemahan masjid itu sound system nya bergaung-gaung karena salah pasang. Saya hitung hitung. Begitu sound system salah, maka 80 persen hilang. Maka itu kita didik," ungkap JK.

Kemudian tidak hanya pengeras suara, bangunan juga menurut JK harus diperbaiki. Menurut dia masjid bukan hanya dari beton saja. Karena itu pihaknya saat ini sudah meluncurkan pedoman arsitektur masjid.

"Kita mulai dari awal bagaimana membangun masjid yang baik, ini di-launching buku pedoman arsitektur masjid yang baik," kata JK.

Diketahui dalam acara tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh. Mulai dari Ketua MUI Ma'ruf Amin, Ketua PBNU Said Aqil, serta beberapa tokoh lainnya. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Masjid
  2. Wapres Jusuf Kalla
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini