Wapres JK: BG orang bebas, punya hak dipilih sebagai Wakapolri

Rabu, 22 April 2015 20:51 Reporter : Siti Nur Azzura
Wapres JK: BG orang bebas, punya hak dipilih sebagai Wakapolri wapres jk buka dialog tingkat tinggi. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) Komisaris Jenderal Budi Gunawan akhirnya resmi dilantik sebagai Wakil Kepala Polri (Wakapolri). Pelantikan itu dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Rupatama Mabes Polri hari ini.

Wakil Presiden jusuf Kalla (JK) menilai jabatan yang diemban BG saat ini merupakan haknya sebagai warga negara untuk dipilih sebagai Wakapolri. Terlebih status tersangka jenderal bintang tiga ini telah dinyatakan gugur oleh putusan praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Dia (BG) orang yang bebas (dari status tersangka) dan itu punya hak dipilih sebagai Wakapolri," kata JK di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (22/4).

Selain itu, JK menyinggung kembali batalnya BG dilantik sebagai Kapolri lantaran ditetapkan sebagai tersangka gratifikasi dan kepemilikan rekening gendut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK).

"BG dulu ditunda karena adanya pernyataan KPK soal tersangka. Tapi Anda tahu semua oleh pengadilan itu tidak benar karena pengadilan katakan seperti itu," ujarnya.

Lebih jauh JK menyambut baik atas pelantikan BG sebagai Kapolri baru. Menurut dia, masyarakat Indonesia harus taat hukum dan menghargai keputusan Hakim Sarpin Rizaldi yang membatalkan status tersangka BG.

"Pak BG sudah dipilih sebagai wakapolri tapi concern memperhatikan suara-suara masyarakat. Kapolri itu hanya menuntut wakapolri. Seperti kita taat kepada hukum kalau pengadilan katakan tidak bersalah masa kita katakan bersalah?" pungkasnya. [ren]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini