Wapres Ingatkan Jangan Hilang Semangat Ibadah Meski di Rumah

Selasa, 28 April 2020 08:28 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Wapres Ingatkan Jangan Hilang Semangat Ibadah Meski di Rumah Wapres Maruf Amin Ratas Telekonferensi dari Kantor. ©2020 instagram.com/kyai_marufamin

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak masyarakat tidak kehilangan semangat untuk menjalankan ibadah di rumah meski Covid-19 melanda Indonesia. Menurutnya, di bulan suci ini seluruh umat Islam dianjurkan untuk melakukan puasa dan memperbanyak ibadah.

"Di dalam dalam suasana seperti ini kita tidak boleh kehilangan semangat untuk beribadah. Tetapi ibadah itu yang kita lakukan seharusnya dilakukan di rumah. Tarawih di rumah, tadarus juga di rumah. Tidak boleh, terutama di daerah yang merah, tidak boleh dilakukan di masjid secara berjemaah," kata Ma'ruf saat memberikan tausiyah Ramadan di kediaman dinas Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin (27/4) malam.

Wapres menekankan, adanya perkumpulan massa merupakan potensi untuk terjadinya penularan penyakit. Maka dari itu, masyarakat menghindari ibadah berjemaah.

"Penularan atau menimbulkan bahaya dengan berkumpul itu sangat potensial. Salah satunya melalui ibadah tarawih berjemaah, tadarus berjamaah, iktikaf di masjid. Artinya diduga kuat terjadinya akan memberikan bahaya kepada diri kita sendiri atau kepada orang lain, dan itu dilarang oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam," tuturnya.

1 dari 1 halaman

Hindari Bahaya Covid-19

Wapres menambahkan, meski ibadah berjemaah adalah baik dan dianjurkan, namun dalam keadaan tertentu masyarakat diwajibkan untuk menghindari terjadinya bahaya. Sehingga mengambil maslahat yang bisa didapat dengan beribadah dari rumah.

"Pekerjaan seperti itu adalah sunah, bahkan wajib sekalipun. Karena apa? Menghindari terjadinya bahaya itu adalah wajib. Menghilangkan mafsadah (kerusakan) harus didahulukan daripada mengambil maslahat dan mengambil manfaat," ucapnya.

"Oleh sebab itu, marilah kita lakukan ibadah, salat tarawih, tadarus, itu di rumah dan sesuai dengan anjuran pemerintah. Sekarang ini kita bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah dari rumah," pungkas Wapres. [eko]

Baca juga:
Potret Rumah Tempat Nabi Muhammad Dilahirkan, Posisinya Menghadap ke Kabah
Operasi Rahasia Navy SEAL & SAS Memburu Jenderal Pembantai Muslim Bosnia
Menengok Muslim Paris Jalani Ramadan di Tengah Lockdown
Kisah Nabi Saleh: Azab Pedih Allah SWT untuk Kaum Tsamud
Potret Anak-Anak Miskin Palestina Antre Hidangan Berbuka Puasa
BI Sumut Siapkan Uang Baru Rp13,5 T untuk Ramadan dan Idul Fitri

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini