Wanjakti bahas Wakapolri hari ini, Budi Gunawan jadi kandidat?

Selasa, 21 April 2015 12:36 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Wanjakti bahas Wakapolri hari ini, Budi Gunawan jadi kandidat? Budi Gunawan. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Mabes Polri masih enggan buka suara menyusul pernyataan Indonesia Police Watch (IPW) yang menyebut Kepala Lemdikpol Komjen Budi Gunawan terpilih menjadi Wakapolri. Melalui juru bicara Mabes Polri, Kadiv Humas Polri Irje Anton Charliyan penentuan Wakapolri baru akan digelar dalam rapat Wanjakti yang akan digelar hari ini.

"Mungkin saja hari ini. Siapapun yang jadi Wakapolri harus bisa dihormati," kata Anton di Humas Polri, Jakarta, Selasa (21/4).

Anton mengatakan, hasil rapat tersebut nantinya langsung disampaikan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti kepada Presiden Jokowi. Biasanya, kata Anton, keputusan Wanjakti tersebut langsung disetujui oleh Presiden.

"Kapolri di Bandung, baru pulang jam 11.00 WIB. Setelah itu konsultasi dengan presiden. Apakah berkenan atau tidak, biasanya setuju," ujar Anton.

Namun Anton masih enggan komentar calon Wakapolri tersebut adalah Budi Gunawan. Mengenai posisi tersebut menurut dia hanya Wanjakti yang mengetahui.

"Belum ada nama yang masuk untuk waka (wakil ketua). Sifatnya sangat rahasia, tidak boleh diumumkan," kata Anton.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan, Kepala Lemdikpol Komjen Budi Gunawan terpilih sebagai Wakapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang diangkat menjadi Kapolri. Selain itu Neta mengungkapkan, dengan terpilihnya Budi Gunawan maka Kalemdikpol diisi oleh Kadiv Propam Irjen Syafruddin. Menurut Neta keputusan Syafruddin menjadi Kalemdikpol pun hasil rapat yang dilakukan Wanjakti. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini