Wanita Muda Pembuang Bayi di Kupang Ditetapkan Tersangka

Senin, 9 September 2019 14:48 Reporter : Ananias Petrus
Wanita Muda Pembuang Bayi di Kupang Ditetapkan Tersangka Kasat Reskrim Polres Kupang Kota Iptu Bobby Jacob Mooy Nafi. ©2019 Merdeka.com/Ananias Petrus

Merdeka.com - Wanita muda berinisial YVSM (24), ditetapkan tersangka atas kasus pembuangan bayi di RT 42 RW 13, Kelurahan Fatululi, Kota Kupang. Dia dibawa Kepolisian Resor Kupang Kota untuk menjalani pemeriksaan.

Kasat Reskrim Polres Kupang Kota, Iptu Bobby Jacob Mooy Nafi mengatakan, wanita tersebut mengakui perbuatannya.

"Yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai tersangka, namun belum ditahan karena masih dalam masa perawatan dan pemulihan di Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang, pasca melahirkan," katanya, Senin (9/9).

Aiptu Bobby Mooy Nafi menambahkan, empat tersangka sudah dimintai keterangan termasuk sang pacar, yang sudah memiliki istri. Sementara jasad bayi tak berdosa itu akan diautopsi tim dokter Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang.

"Waktunya kami belum bisa pastikan, mungkin besok atau lusa kami akan lakukan autopsi untuk pastikan penyebab meninggalnya bayi dan apakah bayi itu lahir dalam keadaan hidup atau mati," ujarnya.

Saat ini polisi masih melakukan proses penyidikan. Tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru dalam kasus ini. Tersangka YVSM dijerat dengan pasal 80 ayat 3 UU Perlindungan Anak dan 341 KUHP, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Sebelumnya, warga RT 42 RW 13, Kelurahan Fatululi, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, digegerkan dengan ditemukannya jasad bayi dalam karung, yang dibuang di dalam tempat penampungan sampah, Minggu (8/9). Kuat dugaan bayi malang ini merupakan hasil hubungan gelap.

Ketut Satriana yang pertama kali melihat jabang bayi ini menjelaskan, ketika hendak membersihkan lahan, dia mencium bau tak sedap di dalam tempat sampah. Karena menaruh curiga, Ketut Satriana kemudian menghampiri sebuah karung lalu membuka isinya.

"Saya buka karungnya pakai kayu, ternyata mayat bayi sehingga saya langsung lapor ketua RT untuk menghubungi polisi," ucapnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Mayat Bayi
  2. Bayi Dibuang
  3. Kupang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini