WamenkumHAM Enggan Temui Mahasiswa Demo Depan DPR: Kita Undang, Mereka Enggak Datang

Selasa, 28 Juni 2022 18:16 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
WamenkumHAM Enggan Temui Mahasiswa Demo Depan DPR: Kita Undang, Mereka Enggak Datang Edward Omar Sharif Hiariej. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Sharif Omar Hiariej enggan menemui mahasiswa yang menggelar aksi menolak RKHUP di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Eddy sapaan akrabnya mengaku sudah mengundang mahasiswa untuk membahas RKHUP, tapi tidak hadir.

"Enggak enggak. Kan kita undang mereka, enggak datang. Ngapain nemuin?" ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/6).

Eddy menuturkan, Kemenkum HAM sudah mengundang aliansi masyarakat sipil, pimpinan redaksi untuk bahas RKHUP. Tetapi, hanya perwakilan BEM seluruh Indonesia yang tidak datang pada tanggal 23 Juni lalu.

"Aliansi datang, mahasiswa enggak datang. Teman-teman koalisi datang. Pimred hadir banyak. Teman-teman BEM enggak mau datang," ujarnya.

Eddy menyebut, pihaknya tidak akan menghapus soal pasal krusial di RKHUP, salah satunya penghinaan terhadap presiden. Jika tidak setuju, dia mempersilakan untuk menggugat ke Mahkamah Konstitusi.

"Tidak akan kita hapus. Tidak akan. Intinya kita begini ya. Pasti tidak mungkin memuaskan semua pihak. Jadi kalau enggak setuju kan pintu MK terbuka lebar," ujarnya.

Menurutnya, publik harus membedakan penghinaan dan kritik. Dia berkata, tak ada ancaman pidana terhadap kritik pada presiden.

"Itu orang yang sesat berpikir dia tidak visa bedakan antara kritik dan penghinaan. Yang dilarang itu penghinaan lho bukan kritik. Dibaca enggak bahwa kalau itu mengkritik enggak boleh dipidana. Kan ada di pasalnya. Jadi apa lagi?" kata Eddy.

Diberitakan, sejumlah mahasiswa memegang poster saat berunjuk rasa menolak pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Selasa (21/6/2022). Dalam aksinya, mereka menuntut Presiden dan DPR untuk membuka draft RKUHP terbaru serta melakukan pembahasan RKUHP secara transparan dengan menjunjung tinggi partisipasi publik. [rhm]

Baca juga:
Aksi Demo Mahasiswa Menolak RKUHP di DPR
DPR Didesak Buka Draf Terbaru RKUHP, Ini Alasannya
Tak Mau Seperti UU Cipta Kerja, Pemerintah Ungkap Alasan Belum Bocorkan Draf RKUHP
Kemenkumham Targetkan Draf Baru RKUHP Rampung Hari Ini
Draf RKUHP Belum Dikirim ke DPR, Wamenkumham: Masih Banyak Typo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini