Wali Kota Ungkap Awal Mula Kasus Covid-19 di Kota Tarakan

Selasa, 26 Mei 2020 17:32 Reporter : Tim Merdeka
Wali Kota Ungkap Awal Mula Kasus Covid-19 di Kota Tarakan Wali Kota Tarakan Khairul. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kota Tarakan di Kalimantan Utara hingga kini masih berusaha memerangi penyebaran Covid-19. Hingga hari ini 44 orang dinyatakan positif Covid-19 di Kota berjuluk Paguntaka tersebut.

Wali Kota Tarakan Khairul menyebut bahwa kasus awal positif Covid-19 menimpa seorang Ibu berusia 79. Pasien Covid-19 pertama di Kota Tarakan itu dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 27 Maret 2020.

"Tarakan itu kita mulai temukan kasus pertama pada tanggal 27 Maret 2020. Dari seorang Ibu berusia lanjut. Umur 79 Tahun baru pulang dari Jakarta saat itu," ujar Wali Kota Tarakan Khairul dalam perbincangan dengan merdekacom beberapa waktu lalu.

Menurut Khairul, Ibu tersebut awal Maret datang ke Ibu Kota Jakarta karena ada keluarga besarnya yang menyelenggarakan pernikahan. Pada tanggal 15 Maret kemudian, Ibubtersebut kemudian merasakan saki.

"Mulai merasakan sakit tanggal 15 Maret. Berobat dan setelah itu masuk opname di rumah sakit tanggal 18. Waktu itu diagnosa awal dianggap ya cuma demam biasa, tetapi setelah dilakukan pemeriksaan intensif benar ternyata positif Covid-19. Nah positif itu tanggal 27 Maret," terang Khairul.

Kasus kedua di Kota Tarakan datang dari rombongan Jemaah tablig yang baru datang dari Gowa, Sulawesi Selatan. Menurut Khairul, setelah dilakukan pemeriksaan intensif terhadap beberapa orang, 8 jemaah Tablig tersebut dinyatakan positif.

"Berikutnya pada tanggal 3 April kita kedatangan jemaah tablig dari Gowa, setelah kami lakukan test swab, 8 orang dinyatakan positif," terang Khairul.

Berikut video wawancara wartawan merdeka.com, Angga Yudha Pratama dengan Wali Kota Tarakan tersebut:

[hhw]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini