Wali Kota Tarakan pimpin pelepasan Padaw Tuju Dulung

Minggu, 27 Desember 2015 17:51 Reporter : Haris Kurniawan
Wali Kota Tarakan pimpin pelepasan Padaw Tuju Dulung festival iraw tengkayu. ©2015 Merdeka.com/Haris Kurniawan

Merdeka.com - Wali Kota Tarakan Sofian Raga memimpin pelepasan Padaw Tuju Dulung (perahu tujuh haluan) ke laut dalam rangka puncak festival Iraw Tengkayu ke-VIII di Pantai Amal, Tarakan, Kalimantan Utara.

Ia didampingi pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan mengantar perahu itu hingga bibir pantai untuk selanjutnya dilarungkan bersama sesaji yang ada di dalamnya.

"Padaw Tuju Dulung punya sejarah dan arti sendiri bagi masyarakat Tidung Tarakan," kata Sofian, Minggu (27/12).

Dia mengatakan, kegiatan itu biasa dilakukan masyarakat Tidung secara turun temurun sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME atas hasil bumi yang mereka dapatkan.

"Pelarungan sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dari sang pencipta," terangnya.

Dirinya berharap festival adat Iraw Tengkayu bisa menjadi sarana untuk mempromosikan Kota Tarakan.

"Mari kita maknai hari ini sebagai bagian budaya para pendahulu kita, saya ingin jadi kan pesta rakyat ini sebagai promosi," pungkasnya.

Padaw Tuju Dulung adalah perahu bercorak tiga warna kuning, hijau dan merah akan diarak keliling kota. Setiap warna memiliki makna masing-masing, salah satunya kuning yang melambangkan kehormatan atau sesuatu yang diagungkan. Karenanya, warna di tempatkan paling atas dari Padaw Tuju Dulung. Di perahu ini ada satu tiang tertinggi yang mengartikan bahwa penguasa tertinggi alam semesta adalah Allah SWT. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Pemkot Tarakan
  2. Tarakan
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini