Wali Kota Solo Janji Bayarkan THR Semua ASN

Senin, 11 Mei 2020 21:32 Reporter : Arie Sunaryo
Wali Kota Solo Janji Bayarkan THR Semua ASN Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) berjanji akan membayarkan tunjangan hari raya (THR) untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Solo.

"THR ASN kasih no, beri 100 persen. Seluruhnya," ujar Rudy, Senin (11/5).

Namun untuk pejabat eselon II keatas dan anggota DPRD tidak akan menerima. Demikian juga untuk gaji ke 13, sesuai peraturan pemerintah, tidak diadakan. Ia berjanji untuk mencairkan THR maksimal pada H-10 Lebaran.

Sementara itu, untuk THR bagi buruh swasta, Rudy meminta para perusahaan yang mampu untuk membayarkan lunas. Meskipun menurut peraturan menteri diperbolehkan untuk dicicil. Namun jika terpaksa dicicil, menurut Rudy ada sisi positifnya.

"Kalau dicicil itu ada sisi positifnya, tidak sekaligus habis. Tapi kalau mau dicicil asal tidak menyalahi aturan Menteri Tenaga Kerja ya tidak apa," ucap Rudy.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta Ariani Indrastuti menambahkan, Pemkot Solo berharap seluruh perusahaan membayarkan THR untuk para pekerja meskipun kondisi ekonomi sedang lesu di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, sampai saat ini belum ada yang keberatan untuk membayarkan THR.

"Sejauh ini perusahaan menyatakan kesanggupannya untuk membayarkan THR. Sesuai Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2020 di Perusahaan Dalam Masa Pandemi COVID-19," katanya.

Ia berharap jika nanti ada penundaan pembayaran THR, perusahaan bisa tetap membayarkan di lain waktu. Ia memaklumi kondisi saat ini memang tidak mudah. Meski demikian, ia berharap tidak ada satu pihakpun, baik itu perusahaan maupun pekerja yang dirugikan.

"Kami akan membuka Posko Lebaran untuk menampung pengaduan seputar THR. Aduan pekerja bisa ditampung di situ. Dalam hal ini Disnaker sebagai mediator. Jangan sampai ada pihak yang merasa dirugikan," pungkas dia. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. THR
  3. PNS
  4. Surakarta
  5. FX Hadi Rudyatmo
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini