Wali Kota Solo Alihkan Anggaran Kunker Untuk Pendidikan dan Kesehatan

Kamis, 22 November 2018 10:16 Reporter : Arie Sunaryo
Wali Kota Solo Alihkan Anggaran Kunker Untuk Pendidikan dan Kesehatan Wali Kota FX Hadi Rudyatmo. ©2017 merdeka.com/arie sunaryo

Merdeka.com - Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menilai kunjungan kerja (kunker) bukanlah agenda yang sangat penting. Sehingga seluruh program kerja pemerintah kota masih bisa dilaksanakan tanpa harus menggelar kunker. Anggaran bisa saja dialihkan untuk kepentingan lain yang lebih bermanfaat.

Untuk itu, Rudy menginstruksikan kepada anak buahnya agar melakukan penghematan pos anggaran kunker di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). Langkah tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya Pemkot mengalihkan anggaran untuk prioritas kegiatan pembangunan.

"Kunjungan kerja bukanlah agenda sangat penting. Seluruh program kerja Pemkot masih dapat dilaksanakan tanpa menggelar kunker," katanya di Solo, Kamis (22/11).

Berdasarkan hasil pantauannya, kegiatan kunker kurang berdampak pada Pemkot dan masyarakat. Ia mengatakan, anggaran kunker akan lebih baik dialihkan ke pos lain, seperti pembangunan infrastruktur atau bantuan kesehatan dan pendidikan.

"Lebih baik dialihkan untuk infrastruktur atau bantuan kesehatan dan pendidikan. Hasilnya lebih riil, dirasakan masyarakat," jelasnya.

Rudy menjelaskan, saat ini beban anggaran pemkot untuk kegiatan fisik cukup besar. Selain untuk menyelesaikan pembangunan rumah sakit umum daerah (RSUD) Semanggi, flyover Purwosari dan Pasar Klewer, Pemkot Solo juga membangun kembali Pasar Legi yang terbakar akhir Oktober lalu.

"Kita juga harus menyiapkan anggaran pendamping untuk proyek-proyek yang dibiayai Pusat atau Provinsi. Yang jelas anggaran paling besar besok terfokus penyelesaian RSUD Semanggi dan Pasar Legi," ujarnya.

Sedangkan untuk tahun depan, struktur anggaran Pemkot juga akan diprioritaskan untuk peningkatan di bidang sumber daya manusia (SDM). Pemkot memfokuskan alokasi Dana Pembangunan Kelurahan (DPK) 2019 misalnya untuk peningkatan SDM. Di sisi lain porsi kegiatan fisik diminimalkan. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. FX Hadi Rudyatmo
  2. Solo
  3. Surakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini