Wali Kota Helmi Hasan Orang Tua Bagi Anak Yatim dan Nafkahi Janda-janda

Senin, 21 September 2020 13:05 Reporter : Merdeka
Wali Kota Helmi Hasan Orang Tua Bagi Anak Yatim dan Nafkahi Janda-janda Helmi Hasan Saat Bertemu Anak-anak di Girimulya. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan selalu punya program-program terobosan yang langsung menyentuh hati masyarakat. Seperti halnya Program 1001 janda dan mengangkat/mencarikan orangtua asuh untuk anak-anak yatim di Kota Bengkulu. Dengan program ini, Helmi menjadi pemimpin yang semakin dicintai oleh masyarakatnya, termasuk janda-janda miskin dan anak yatim.

Salah seorang penerima manfaat dari program 1001 Janda adalah Darmi Majid (62), warga Kota Bengkulu yang kesehariannya bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART). Sebagai penerima, Darmi menyampaikan rasa syukurnya dan terima kasih kepada Helmi Hasan selaku Wali Kota Bengkulu yang telah membantunya lewat Program 1001 Janda.

"Saya sangat bersyukur dengan program yang dibuat oleh Pak Helmi, dengan adanya Program 1001 Janda ini saya merasa terbantu. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kepedulian Pemkot Bengkulu yang tidak pernah berhenti bekerja untuk menciptakan kebahagiaan kepada kami," ujar Darmi saat ditemui di rumahnya.

Darmi yang merupakan janda yang saat ini menanggung dua saudaranya dengan upah sangat minim. Darmi memiliki dua orang anak yang sekarang sudah berkeluarga, namun menurut Darmi jangankan untuk membantu memenuhi kebutuhan dirinya, untuk kebutuhan hidup sehari-hari keluarga anaknya saja belum cukup.

"Saya menjanda sudah 16 tahun. Suami saya pergi meninggalkan saya dengan alasan ekonomi. Saat ini saya tinggal sendiri karena kedua anak saya sudah berkeluarga dan untuk kebutuhan sehari-harinya saja mereka belum tercukupi, apalagi harus menghidupi saya. Alhamdulillah saya sering dapat panggilan kerja untuk beres-beres di rumah tetangga, walaupun dibayar murah namun saya bersyukur masih diberikan rezeki," tutur Darmi.

Dari program ini, para janda juga diberikan bantuan belanja gratis di Bencoolen Mall masing-masing senilai Rp 500 ribu. Salah satu janda yang pernah diikutkan dalam belanja gratis pada hari Minggu, 15 Maret lalu adalah Nur Aini (56) warga Kelurahan Semarang. Nur Aini mengaku sangat bahagia dan menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Bengkulu.

"Saya sudah 6 tahun ditinggal suami (Meninggal). Anak saya 6 orang. Saya memang hidup susah dan sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah seperti ini. Terima kasih Wali Kota, semoga sehat dan sukses selalu, semakin dicintai masyarakatnya dan tercapai apa yang dicita-citakan," tutur Nur Aini.

Pada saat lauching program ini, Helmi mengajak 20 janda belanja di pusat perbelanjaan di Kota Bengkulu. Helmi dalam kata sambutannya mengatakan program menyantuni 1001 janda ini akan berlanjut.

"Visi misi Wali Kota dan wakil Wali Kota menghadirkan kebahagiaan di tengah masyarakat termasuk janda. Seratus persen masyarakat harus bahagia. Kalau ada masyarakat yang tidak bahagia maka visi misi kami berdua di ambang kegagalan," kata Helmi.

Selain itu ada program gerakan peduli yatim (GPY) yang gaungkan oleh Helmi Hasan. Program ini pun sangat didukung dengan OPD-OPD Pemerintah Kota Bengkulu. 1.409 Anak yatim yang ada di Kota Bengkulu saat ini sudah memiliki orang tua. Helmi juga mengharapkan dengan program ini para janda akan terbantu melalui Program 1001 Janda.

"Dari program ini diharapkan para janda akan terbantu hidupnya sebagaimana program Gerakan Peduli Yatim yang para pejabat Pemkot memberikan santunan setiap bulan kepada anak-anak yatim," jelas Helmi.

Berkat program 1001 janda ini, Helmi Hasan dan Wakil Wali Kota Dedy Wahyudi menerima penghargaan kepala daerah yang inovatif Tahun 2020. Penganugerahan penghargaan ini diberikan kepada 18 kepala daerah yakni 3 Gubernur, 4 Wali Kota dan 11 Bupati dengan empat kategori inovatif yang dilakukan kepala daerah. Empat kategori ini diantaranya kategori ekonomi, kategori kesehatan, kategori sosial budaya, dan kategori tata kelola pemerintahan.

Kontributor: Sofrian

[hhw]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini