Wali Kota Gibran Minta Maaf Larang Warga Mudik Lebaran

Minggu, 25 April 2021 18:06 Reporter : Arie Sunaryo
Wali Kota Gibran Minta Maaf Larang Warga Mudik Lebaran Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka meminta maaf kepada masyarakat karena menerbitkan surat edaran (SE) yang antara lain berisi tentang larangan mudik Lebaran 2021.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Nomor 067/1156 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro yang ditetapkan, Senin (19/4) lalu. Pemkot Solo melarang mudik lebaran Idul Fitri mulai 1-17 Mei 2021. Bagi warga yang melanggar akan dikarantina selama lima hari.

"Saya mohon maaf jika SE yang terbaru menjadi polemik di masyarakat khususnya larangan mudik. Namun ini dilakukan untuk melindungi masyarakat agar situasi pandemi covid-19 bisa segera membaik," ujar Gibran saat berbicara di Workshop Kesiapsiagaan Bencana Nasional di Tengah Covid-19 di Balai Muhammadiyah, Minggu (25/4).

"Kita tidak ingin seperti negara lain yang grafik kasus covid-nya meningkat pada beberapa hari terakhir," tambahnya.

Putra Presiden Joko Widodo itu berjanji terus mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat. Fokus utama vaksinasi lansia, pedagang pasar, dan lingkungan pendidikan.

"Kita sudah targetkan bahwa Juni mendatang harus kita buka pendidikan tatap muka. Untuk itu vaksinasi menjadi hal yang penting agar memberikan kenyamanan bersama," jelasnya.

Gibran juga menyampaikan pentingnya kesadaran masyarakat untuk siap siaga dalan menghadapi bencana yang dapat datang sewaktu-waktu. Saat ini dibutuhkan kerja sama semua pihak agar dapat bangkit dari bencana pandemi covid-19. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini