Wakil Ketua MPR: Bung Karno Santri Enam Dimensi

Selasa, 2 Juni 2020 22:00 Reporter : Muhammad Permana
Wakil Ketua MPR: Bung Karno Santri Enam Dimensi Ahmad Basarah bicara soal Bung Karno dalam Webinar Universitas Jember. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah meluruskan citra miring Presiden Soekarno berjarak dengan kelompok dan ideologi Islam. Menurut dia, Bung Karno sapaan Soekarno merupakan seorang santri dan pemikir besar.

Hal itu diungkapkan Basarah dalam seminar daring (webinar) yang digelar Universitas Jember (Unej) dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila kemarin.

"Bung Karno adalah santri yang punya enam dimensi, seorang pemikir besar. Ini karena di kala muda beliau dikirim oleh orang tuanya untuk tinggal di rumah HOS Tjokroaminoto di Surabaya yang dikenal sebagai salah satu tokoh Islam besar di era itu," ujar Basarah dalam webinar yang bertajuk 'Bung Karno, Islam Dan Pancasila' itu, Selasa (2/6).

Basarah yang juga penulis buku 'Bung Karno, Islam, dan Pancasila' bercerita momen ketika Bung Karno dipenjara dan asingkan oleh Belanda. Di waktu pengasiangan itu, Bung Karno banyak mendalami Islam dan belajar dari banyak tokoh muslim. Bahkan Bung Karno pernah menjadi Ketua Majelis Pengajaran Muhammadiyah saat diasingkan di Bengkulu.

"Karena itu, tidak heran jika dalam merumuskan Pancasila, Bung Karno dengan tegas memasukkan sila Ketuhanan," tutur Basarah.

Pengaruh Islam, kata Basarah, turut mempengaruhi pemikiran Bung Karno saat merumuskan dasar negara Pancasila. "Dalam sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno lah yang secara tegas mengusulkan Pancasila sebagai dasar falsafah negara. Beliau pula yang menjadi ketua Panitia Sembilan yang merumuskan teks Pancasila yang kemudian disebut sebagai Piagam Djakarta pada 22 Juni 1945 dan Bung Karno juga menjadi Ketua PPKI yang mengesahkan UUD pada tanggal 18 Agustus 1945. Jadi mustahil membicarakan Pancasila tanpa melibatkan Bung Karno," jelas politikus PDIP ini.

Baca Selanjutnya: Basarah juga menilai kemampuan Bung...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini