Wakil Ketua DPR ungkap ada pekerja asing yang diberi fasilitas BPJS

Rabu, 2 September 2015 14:08 Reporter : Ferrika Lukmana Sari
Wakil Ketua DPR ungkap ada pekerja asing yang diberi fasilitas BPJS Taufik Kurniawan. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Taufik Kurniawan menanggapi rencana pemerintah yang akan mengikutsertakan tenaga kerja asing dalam badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Taufik mengetahui rencana tersebut berdasarkan kunjungan di sejumlah wilayah di Indonesia serta data dari internal pemerintah yang diterimanya.

"Saya dapat informasi dan data adanya serbuan (pekerja) China. Dalam waktu kerja 6 bulan mereka akan mendapatkan BPJS, itu justru merugikan negara. Karena BPJS untuk kepentingan rakyat Indonesia," kata Taufik di Gedung Nusantara III DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (2/9).

Taufik menyebutkan salah satu wilayah di Indonesia yang banyak didatangi tenaga kerja asal China adalah di Sumatera. Para pekerja asing itu banyak menggunakan fasilitas milik pemerintah.

"Salah satunya rumah sakit di daerah Sumatera yang banyak diisi pasien orang China. Mereka mengambil kesempatan agar mendapatkan fasilitas negara," ujarnya.

Bahkan, Taufik mengungkapkan, beberapa pekerja itu datang ke Indonesia Indonesia dalam keadaan sakit. Selain bekerja di tanah air, mereka mempunyai tujuan bisa memanfaatkan jaminan sosial yang ada.

"Mereka datang ke Indonesia dalam keadaan sakit, sehingga bisa mendapatkan keuntungan BPJS dengan menjalankan perawatan di Indonesia," pungkasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini