Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Resmi Dikukuhkan jadi Guru Besar Universitas Pakuan

Kamis, 1 Desember 2022 14:31 Reporter : Ahda Bayhaqi
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Resmi Dikukuhkan jadi Guru Besar Universitas Pakuan Sufmi Dasco Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Pakuan. Ahda Baihaqi

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Hukum oleh Universitas Pakuan pada Kamis (1/12). Dasco memaparkan pidato pengukuhan Guru Besar dengan judul 'Pemilu Demokratis dan Bermartabat dalam Bingkai Semangat Kedaulatan Rakyat.

"Karena demikian pentingnya arti Pelaksanaan Pemilihan Umum yang demokratis dan bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945, terutama pada ketentuan Pasal 22E," ujar Dasco di Sentul Internasional Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Kamis (1/12).

Dasco menjelaskan, pemilu dijalankan dalam sendi-sendi demokrasi. Sehingga pelaksanaan pemilu harus sejalan dengan asas pemilu jujur dan adil serta bermartabat.

Demokrasi adalah sarana partisipasi politik masyarakat. Rakyat memilih perwakilan yang akan menempati lembaga-lembaga perwakilan rakyat atau parlemen. Dasco mengatakan, perwakilan rakyat itu harus bertindak atas nama rakyat.

"Dalam paham kedaulatan rakyat, rakyatlah yang dianggap sebagai pemilik dan pemegang kekuasaan tertinggi suatu negara. Rakyatlah yang menentukan corak dan cara pemerintahan diselenggarakan. Rakyatlah pula yang menentukan tujuan yang hendak dicapai oleh negara dan pemerintahannya itu. Dalam semangat demikian itu, para pendiri negara telah menentukan bahwa Indonesia adalah negara demokrasi berdasar atas hukum," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Sufmi Dasco Bicara Pemilu Demokratis

Lebih lanjut, Dasco mengatakan pemilu harus dikembalikan sepenuhnya kepada rakyat. Hak rakyat untuk memilih harus dijamin agar demokratis. Serta untuk mencapai pemilu yang jujur, adil dan bermartabat harus diselenggarakan oleh penyelenggara pemilihan umum yang mempunyai integritas, profesionalitas, dan akuntabilitas yang dilaksanakan secara lebih berkualitas, sistematis, legitimate, dan akuntabel dengan partisipasi masyarakat seluas-luasnya.

"Pemilih dan peserta pemilihan umum mendapat perlakuan yang sama dan bebas dari kecurangan atau perlakuan yang tidak adil dari pihak mana pun. Pemilu harus dilaksanakan secara lebih berkualitas agar lebih menjamin kompetisi yang sehat, partisipatif, mempunyai derajat keterwakilan yang lebih tinggi, dan memiliki mekanisme pertanggungjawaban yang jelas," pungkas Dasco.

Dalam acara pengukuhan dihadiri sejumlah tokoh nasional. Terpantau hadir Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hingga Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

[gil]

Baca juga:
Prabowo: Kawan Seperjuangan Tidak Ada Atasan dan Bawahan
Ada Masalah Pengumpulan Dana, UU IKN Segera Direvisi
Relawan Gaungkan Jokowi 3 Periode, Gerindra: Selama Itu Wacana Tak Masalah
Tantangan Calon Panglima TNI Yudo Margono ke Depan
Jokowi dan Prabowo Satu Mobil, Gerindra: Bicara Urusan Pekerjaan
Dasco: Momen Kebersamaan Jokowi dan Prabowo Pengaruhi Capres Gerindra
Pimpinan DPR: Revisi UU IKN untuk Mempermudah Kumpulkan Dana

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini