Wakil Ketua DPR Papua kecam ormas ikut mengepung asrama Papua

Selasa, 19 Juli 2016 15:30 Reporter : Rimba
Wakil Ketua DPR Papua kecam ormas ikut mengepung asrama Papua Wakil Ketua DPR Papua temui Warga Papua di Yogya. ©2016 Merdeka.com/hartanto

Merdeka.com - Wakil Ketua DPR Papua, Yanni, mengecam tindakan ormas yang ikut mengepung asrama Papua bersama polisi di Jalan Kusumanegara pada Jumat (15/7). Menurutnya, sudah sepatutnya tugas pengamanan itu dilaksanakan kepolisian, bukan ormas.

"Ormas itu bukan polisi. Yang punya tugas pengamanan itu polisi," ujar Yanni saat ditemui usai jumpa pers di Yogyakarta, Selasa (19/7).

Yanni mengungkapkan kekecewaan terhadap kepolisian DIY yang terkesan membiarkan perilaku ormas saat terjadi peristiwa pengepungan asrama Papua. Menurutnya, pembiaran tersebut justru malah bisa menciptakan konflik horizontal antara ormas sebagai warga sipil dan mahasiswa Papua yang juga warga sipil.

"Kami tidak mau warga Papua itu bentrok dengan ormas," ujar Yanni.

Yanni menjelaskan lebih lanjut, ormas yang diduga mengeluarkan kata-kata rasial saat pengepungan malah justru dapat menyulut emosi massa. Hal itu dapat menjadikan kedua belah pihak saling berhadap-hadapan.

"Saya mengharapkan kondisi warga Papua di Jogja kembali kondusif dan saling menghormati dengan warga Jogja."

Yanni menambahkan, dengan kondisi yang kondusif, maka warga Papua yang ada di Yogya dapat kembali menuntut ilmu.

"Saya mau mahasiswa Papua di Jogja benar-benar fokus belajar jangan berpolitik," ujarnya. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini