Wakil Bupati Jaya Wijaya Sering Dapat Laporan Kepala Kampung Kerap Selewengkan Rastra

Jumat, 5 April 2019 13:46 Reporter : Mardani
Wakil Bupati Jaya Wijaya Sering Dapat Laporan Kepala Kampung Kerap Selewengkan Rastra Beras Rastra di Kupang. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua, Marthin Yogobi meminta seluruh kepala kampung di wilayahnya menghentikan praktik penyelewengan beras sejahtera (rastra) milik warga untuk kebutuhan pribadi. Dia mengatakan kebiasaan penyelewengan itu merupakan penyakit tahun sebelumnya yang tidak boleh dibawa hingga kepemimpinannya.

"Kami dapat laporan dari pemuda, intelektual dan masyarakat bahwa sering terjadi ada pemotongan beras untuk jatah aparat pemerintah di kampung, oleh karena itu dalam kepemimpinan kami, kami berharap beras betul-betul diterima masyarakat, jangan ada jatah-jatah lagi," katanya di Distrik Wesaput, Kabupaten Jayawijaya, dilansir Antara, Jumat (5/4).

Dia mengatakan bantuan rastra yang diberikan langsung dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial, diberikan bagi warga kurang mampu.

"Sasarannya adalah kepala keluarga (KK). Kepala kampung, sekretaris itu juga KK, pasti mereka dapat, jadi tidak perlu mengambil jatah, yang merupakan hak masyarakat," katanya.

Mantan Kepala Dinas Sosial Jayawijaya ini mengatakan jika ada masyarakat yang mendapati aparat kampung masih menerapkan sistem jatah pada rastra maka dilaporkan agar pemerintah mengganti kepala kampung bersangkutan.

"Kalau ada yang lihat, saya minta bukti berupa foto dan itu akan menjadi pertimbangan kami untuk kepala kampung itu kita ganti atau tidak," katanya.

Walau akan terus menyalurkan rastra secara rutin bagi masyarakat, Marthin mengimbau warga tidak melupakan tradisi berkebun. Sebab rastra yang diterima hanya sebagai penyemangat untuk mereka berkebun.

"Tiap-tiap kampung harus memiliki kebun kampung. Jangan kita terima rastra lalu lupa buka kebun. Ini hanya penyemangat agar kita lebih giat membuka kebun untuk ditanami umbi-umbi yang merupakan makanan pokok kita," katanya. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini