Wakapolri naikkan pangkat 13 pati Polri, termasuk Budi Waseso

Kamis, 5 Februari 2015 08:47 Reporter : Mustiana Lestari
Komjen Badrodin Haiti. ©istimewa

Merdeka.com - Tiga belas perwira tinggi Polri akan dinaikkan pangkatnya pagi ini oleh Plt Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti. Salah satu perwira tinggi tersebut adalah Budi Waseso yang naik dari pangkat Inspektur jenderal (Irjen Pol) menjadi komisaris jenderal polisi (Komjen Pol). Dengan pelantikan ini Budi Waseso resmi mendapat bintang tiga di pundaknya sebagai Kabareskrim.

Selain Budi, Badrodin juga akan menambahkan satu bintang di pundak Bachtiar Tambunan dan Deddy Fauzi Elhakim. Masing-masing naik pangkat dari brigadir jenderal polisi (Brigjen Pol) menjadi inspektur jenderal polisi (Irjen Pol). Keduanya kini menjabat di Baharkam Polri dan BNN.

Sepuluh perwira tinggi sisanya naik pangkat dari komisaris besar polisi (Kombes Pol) menjadi brigadir jenderal polisi (Brigjen Pol). Dalam upacara kenaikan pangkat ini Badrodin sama sekali tidak menyampaikan amanat bagi para jenderal tersebut.

Sebelumnya, di tengah suara penolakan yang begitu kencangnya pada sosok Komjen Budi Gunawan jadi Kapolri, kabar tak disangka-sangka muncul dari Korps Bhayangkara. Tiba-tiba saja, Presiden Jokowi memberhentikan Jenderal Sutarman sebagai Kapolri padahal masa pensiunnya masih Oktober mendatang. Jabatan Sutarman kemudian digantikan Komjen Badrodin Haiti yang selama ini menduduki kursi Wakapolri.

Tak hanya di tataran pimpinan, Divisi Reskrim juga terkena dampak. Kabareskrim yang selama ini dijabat Komjen Suhardi Alius mendadak digeser menjadi Sekretaris Utama (Sestama) Lemhannas.

Ini mengagetkan. Sebab selama ini hampir tak terdengar catatan hitam soal mantan Kadiv Humas Polri itu. Posisi Suhardi digantikan Irjen Budi Waseso. Banyak yang bertanya-tanya soal sosok Budi Waseso. Memang nama Kapolda Gorontalo ini tak begitu sering terdengar dan sepopuler jenderal-jenderal di Mabes Polri lainnya.

Kabar angin lain yang berembus, menyebut Budi Waseso adalah pesanan Komjen Budi Gunawan. Secara struktural, jabatan Irjen Budi terdahulu adalah Sespimti Polri, jabatan yang berada di bawah Komjen Budi Gunawan ketika menjabat sebagai Kalemdik Polri.

Tak cuma itu, bahkan kedekatan dua Budi ini disebut-sebut bukan sekadar urusan kerja. Entah dari mana isu tersebar, dua Jenderal bernama Budi ini bakal besanan.

Budi Waseso agaknya risih mendengar hal itu. Dia pun membantah tegas bahkan sampai emosi saat anaknya dikait-kaitkan dalam kisruh Polri dan KPK ini. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini