Wajan raksasa di Batang diperkirakan terbuat dari logam

Kamis, 21 Juli 2016 14:03 Reporter : Parwito
Wajan raksasa di Batang diperkirakan terbuat dari logam Penemuan wajan raksasa di Batang. ©2016 merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Pengkaji Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Bagus Ujianto menilai wajan raksasa yang ditemukan di Batang berbeda dengan wajan di Purworejo. Sebab, wajan di Batang terdapat pipa yang diperkirakan untuk mengalirkan sesuatu ke dalam wajan.

"Tapi kami belum tahu cairan apa yang dialirkan. Kalau di Purworejo untuk memasak gondorukem, yang di sini saya belum tahu," jelas Bagus Ujianto di sela-sela meneliti wajan raksasa yang ditemukan di Masjid Al Furqon, Desa Karangasem Utara, Kecamatan Batang, Jawa Tengah pada Kamis (21/7) siang.

Bagus Ujianto membeberkan, bahan dasar wajan raksasa yang ditemukan di Batang dan yang ditemukan Purworejo tersebut sama dari bahan logam.

"Berdasarkan pengukuran BPCB Jateng, wajan raksasa tersebut (Purworejo) memiliki diameter 2,67 meter, tinggi 0,75 meter, ketebalan tepi 0,27 meter, dan ketebalan tengah wajan 0,7 meter," ungkapnya.

Namun, Bagus Ujianto menjelaskan wajan raksasa di Batang terdapat pipa yang diperkirakan untuk mengalirkan sesuatu ke dalam wajan. Untuk mengetahui wajan tersebut digunakan untuk apa, pihaknya harus melakukan uji kontek dan uji penanganan bahan yang menempel di wajan itu.

Kajian ilmiah, harus dilakukan untuk mengetahui kapan wajan tersebut dibuat dan digunakan untuk memasak apa. "Kami juga membawa sampel tanah yang ada di atas wajan, karena ada bahan sisa sisa menyerupai arang yang bercampur tanah," pungkasnya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Wajan Raksasa
  2. Batang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini