Wajan berukuran raksasa ditemukan di tengah kota Kutoarjo

Jumat, 29 April 2016 14:16 Reporter : Ya'cob Billiocta
Wajan berukuran raksasa ditemukan di tengah kota Kutoarjo Ilustrasi. ©2013 Merdeka.com/Kresna

Merdeka.com - Warga di sekitaran Jalan MT Haryono, Kutoarjo, Purworejo geger dengan penemuan wajan berukuran raksasa yang terpendam di dalam tanah, Jumat (29/4).

Kejadian ini bermula saat pekerja bangunan, menggali tanah untuk membuat fondasi ruko milik Widodo Hadi Pranoto (50) warga Tanjunganom Kutoarjo yang berlokasi di pusat kota tersebut. Di kedalaman sekira 15 sentimeter, cangkul yang diayunkan pekerja menumbuk benda keras.

"Besar wajan sekitar 270 sentimeter, ya tiga meter kurang 30 sentimeter," kata anggota Polsek Kutoarjo Aiptu Tamin kepada merdeka.com.

Aiptu Tamin ikut menyaksikan penemuan wajan ini. Wujud wajan sudah mulai berkarat. Tidak ada pegangan di kedua tepinya, seperti wajan pada umumnya.

Berat wajan berkisar 400 kilogram. Wajan sempat akan dipindahkan. Namun enam warga yang mencoba mengangkat tidak berhasil.

Belum diketahui asal muasal wajan ini, apakah sejak zaman kerajaan atau bukan. Hingga saat ini wajan masih dibiarkan di lokasi penemuan, sambil menunggu kedatangan petugas dari pemerintah daerah.

"Masih di situ, mungkin tunggu pemerintah Purworejo menentukan apakah milik barang purbakala atau bukan," terang Tamin. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini