Wagub Sumbar: Kalau orang cuma sekali datang ke Padang, itu adalah kegagalan kita

Selasa, 6 Februari 2018 11:57 Reporter : Rizky Andwika
Wagub Sumbar: Kalau orang cuma sekali datang ke Padang, itu adalah kegagalan kita Wagub Sumatera Barat Nasrul Abit. ©2018 Merdeka.com/Rizky Andwika

Merdeka.com - Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 dipusatkan di Padang, Jawa Barat. Puncak Hari Pers Nasional akan dihelat pada 8-9 Februari yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Kota Padang harus menjadi momentum branding atau pengenalan nilai jual pariwisata Sumatera Barat.

"Kalau berbicara apa yang Sumatera Barat ya kita tidak punya apa-apa, hanya pariwisata yang menjadi potensi kita. Ada PT Semen yang sudah besar dan orang tahu," kata Nasrul dalam Seminar Branding 'Strategi Membangun Branding Yang Kuat Untuk Sumbar Sejahtera' di Pangeran Beach Hotel, Kota Padang, Selasa (6/1).

Menurut Nasrul, tren pariwisata Sumatera Barat saat ini sedang dalam keadaan menanjak. Parameter yang disebutkan salah satunya dilihat dari jumlah penerbangan pesawat menuju Kota Padang yang signifikan kenaikannya.

"Dulu itu pesawat ke Padang ini ada 26 pesawat, tetapi sekarang sudah terus tumbuh dengan 82 pesawat terbang menuju Padang setiap harinya," katanya.

Dia mengakui pelaksanaan HPN 2018 yang akan menjadi ajang pertemuan insan media seluruh Indonesia akan membawa berkah tersendiri bagi Sumatera Barat. Oleh sebab itu, dia mengimbau masyarakat Sumatera Barat untuk ikut mensukseskan HPN dengan memberi kesan terbaik pada peserta yang datang.

"Ini kan ada ribuan orang akan datang ke Sumatera Barat, bagaimana mereka bisa kembali lagi ke sini. Kalau orang cuma sekali datang ke Kota Padang, itu adalah kegagalan bagi kita," ujarnya.

Kepala Bidang Organisasi PWI Pusat, Sasongko Tedjo menjelaskan HPN yang setiap tahun digelar di provinsi berbeda juga membawa misi khusus untuk memberikan manfaat bagi tuan rumah.

"HPN selain melaksanakan dua acara pokok yaitu konvensi dan upacara puncak yang dihadiri Presiden, kami ingin memberikan kemajuan terhadap potensi yang ada di provinsi-provinsi di Indonesia dan kali ini di Sumatera Barat," katanya.

Lewat tema 'Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan' rangkaian acara HPN 2018 akan diisi konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media massa sehari sebelum acara puncak. Termasuk di dalamnya pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bakti sosial.

Begitu pula dengan gelaran pesta adat Makan Bajamba sekaligus pemberian anugerah Adinegoro pada tanggal 8 Februari dan puncak acara HPN 2018 pada tanggal 9 Februarib Kedua kegiatan ini yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo.

HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Hari Pers Nasional
  2. Padang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini