Vaksinasi Wagub Jabar Uu Ruzhanul Sempat Tertunda Tekanan Darah Tinggi

Kamis, 14 Januari 2021 13:53 Reporter : Aksara Bebey
Vaksinasi Wagub Jabar Uu Ruzhanul Sempat Tertunda Tekanan Darah Tinggi Pimpinan Pemprov Jabar jalani vaksinasi Covid-19. ©2021 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Puluhan masyarakat, tenaga kesehatan dan unsur pimpinan di lingkungan Pemerintah Provinsi serta Polda Jawa Barat menjalani vaksinasi tahap I di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung. Dari hasil pemeriksaan sebelum penyuntikan, rata-rata mereka memiliki tekanan darah tinggi sehingga menunggu beberapa waktu.

Mereka yang menjalani vaksinasi di antaranya Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum; Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri, beberapa tokoh agama serta sekira 60 orang perwakilan masyarakat.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, salah satu syarat lolos kesehatan untuk menjalani vaksinasi tekanan darah maksimal berada di angka 140. Lebih dari angka itu ada risiko yang bisa mengganggu proses vaksinasi.

"Kalau (tekanan darah) di atas 140 punya sedikit risiko yang tentunya tidak kita harapkan. Dari semuanya sudah menjalani proses pemeriksaan kesehatan dan rata-rata tensinya di atas 140, termasuk pak Wagub Jabar," kata Ridwan Kamil usai meninjau pelaksanaan vaksinasi, Kamis (14/1).

"Oleh karena itu prosedurnya adalah diminta untuk menunggu beberapa saat untuk dilakukan pengetesan ulang. Kalau sudah beberapa kali tensinya di atas 140 maka tidak dilaksanakan di hari ini," imbuh dia.

Meski demikian, Uu Ruzhanul Ulum pun akhirnya yang sempat beristirahat bisa menjalani vaksinasi setelah tekanan darahnya menurun dan dinyatakan lolos oleh dokter. Sedangkan Kapolda Jabar dan perwakilan dari Ikatan Dokter Indonesia sedari awal tidak mengalami kendala dalam pemeriksaan kesehatan.

Proses vaksinasi di RSHS masih berlangsung. Setiap orang yang sudah disuntik harus menunggu reaksi tubuh sebelum bisa pulang. Sesuai prosedur, setelah suntikan pertama, 14 hari kemudian mereka akan kembali disuntik.

Baca Selanjutnya: Vaksinasi Covid-19 Upaya Kurangi Angka...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini