Vaksinasi Covid-19 RI Unggul di Asia Tenggara, Ini Tanggapan Pemerintah

Senin, 22 Maret 2021 17:35 Reporter : Supriatin
Vaksinasi Covid-19 RI Unggul di Asia Tenggara, Ini Tanggapan Pemerintah Vaksinasi Covid-19 Anggota KPU. ©2021 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Berdasarkan data Kementerian Kesehatan melalui kemkes.go.id pada Minggu (21/3), Indonesia telah memberikan vaksin Covid-19 dosis pertama kepada 5.567.280 orang dan 2.312.601 orang mendapatkan dosis kedua. Sasaran yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 ini dari tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik hingga lansia di atas 60 tahun.

Capaian ini berdampak positif pada peringkat vaksinasi Covid-19 Indonesia di level Asia Tenggara. Indonesia masih berada di posisi pertama berdasarkan jumlah vaksin yang telah disuntikkan di Asia Tenggara.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi bersyukur atas capaian vaksinasi Covid-19 Indonesia.

"Tentunya hal ini patut disyukuri karena kerja keras kita bersama dinilai oleh global baik," katanya saat dihubungi merdeka.com, Senin (22/3).

Menurut Nadia, Indonesia meraih peringkat kedua vaksinasi Covid-19 pada level Asia Tenggara berkat kerja keras semua pihak. Tidak hanya pemerintah tapi juga masyarakat yang sudah bersedia menerima vaksin Covid-19.

"Ini menunjukkan upaya kerja keras kita memberikan akses vaksinasi kepada masyarakat serta komitmen dan keseriusan kita mengatasi pandemi covid," ujarnya.

Sebagai informasi, sebanyak 40 juta dosis vaksin Covid-19 telah masuk ke Indonesia. Rinciannya, 39 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac, sedangkan sisanya produksi AstraZeneca.

Hingga saat ini, Indonesia baru menggunakan vaksin Covid-19 Sinovac. Sementara vaksin Covid-19 AstraZeneca belum didistribusikan ke daerah karena tertunda akibat kasus pembekuan darah yang terjadi di sejumlah negara Eropa. [ded]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini