Vaksin Sinovac Disetujui WHO, Menkes Budi Sebut Bukti Sesuai Standar Internasional

Rabu, 2 Juni 2021 18:52 Reporter : Supriatin
Vaksin Sinovac Disetujui WHO, Menkes Budi Sebut Bukti Sesuai Standar Internasional Budi Gunadi Sadikin. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyambut baik validasi penggunaan darurat (Emergency Use) vaksin Sinovac dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Validasi penggunaan vaksin Sinovac menunjukkan vaksin tersebut telah memenuhi standar internasional untuk keamanan, efikasi dan pembuatan.

"Kami selaku Pemerintah Indonesia menyambut baik validasi emergency use vaksin Sinovac," kata Budi melalui siaran pers, Rabu (2/6).

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini berharap tervalidasinya vaksin Sinovac meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19. Dia juga mengimbau masyarakat tidak memilih jenis vaksin. Budi menegaskan, semua merek vaksin Covid-19 yang digunakan dalam program vaksinasi terjamin keamanan dan mutunya.

"Vaksin yang diberikan pemerintah adalah vaksin terbaik dan sudah teruji keamanannya," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, WHO menyetujui penggunaan darurat vaksin Sinovac pada Selasa (1/6). Panel ahli independen mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka merekomendasikan vaksin Sinovac untuk orang dewasa di atas 18 tahun, dengan dosis kedua 2 hingga 4 minggu kemudian.

Tidak ada batasan usia atas karena data menyarankan kemungkinan memiliki efek perlindungan pada orang tua. Dilansir dari laman Antara mengutip Reuters, Selasa (1/6), kelompok penasihat teknis WHO, yang mulai bertemu pada 5 Mei, mengambil keputusan setelah meninjau data klinis terbaru tentang keamanan dan kemanjuran vaksin Sinovac serta praktik manufaktur perusahaan. [eko]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini