Usut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Ini Satuan yang Dikerahkan Kapolri

Senin, 3 Oktober 2022 04:32 Reporter : Bachtiarudin Alam, Ronald, Darmadi Sasongko
Usut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Ini Satuan yang Dikerahkan Kapolri Suasana kericuhan di laga Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan. ©2022 REUTERS/Stringer

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengerahkan berbagai satuan dalam jajarannya untuk melakukan proses investigasi atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim). Dalam tragedi ini, tercatat 125 orang meninggal dunia.

"Saat ini saya telah mengajak tim dari Mabes Polri terdiri dari Bareskrim, Propam, Sops (Staf Kapolri Bidang Operasi atau Sops Kapolri), Pusdokkes, Inafis, Puslabfor untuk melakukan langkah-langkah terkait pendalaman terhadap investigasi yang kami lakukan," katanya dalam jumpa pers di Malang, Jawa Timur, Minggu (2/10).

Seluruh tim tersebut nantinya akan melakukan proses investigasi guna mengungkap proses penyelenggaraan, pengamanan yang berujung kerusuhan. Termasuk dengan melibatkan, Tim DVI Polri guna melakukan identifikasi korban.

2 dari 2 halaman

"Tentunya kami lakukan langkah-langkah lanjutan dengan tim DVI kemudian tim penyidik melakukan pendalaman lebih lanjut untuk menginvestigasi secara tuntas dan nanti hasilnya kita sampaikan ke seluruh masyarakat," ujarnya.

Kemudian, Polri juga melakukan pengumpulan data, fakta dan rekaman CCTV di tempat kejadian perkara atau stadion. Hal itu merupakan gerak cepat aparat dalam mengusut tuntas peristiwa tersebut.

"Yang jelas kami serius dan usut tuntas tentunya. Ke depan terkait proses penyelenggaraan dan pengamanan yang akan didiskusikan, akan menjadi acuan dalam proses pengamanan," tutup Sigit. [fik]

Baca juga:
PAN: Tragedi Stadion Kanjuruhan Pukulan Telak untuk Kita Semua
Polri Dalami Penggunaan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan
PBNU Bakal Beri Santunan Keluarga Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan
Polri Catat 323 Orang Luka-Luka dalam Tragedi Stadion Kanjuruhan
Anies: Duka Tak Terperi atas Tragedi di Stadion Kanjuruhan
Menpora Jamin Investigasi Tragedi Stadion Kanjuruhan Dilakukan secara Terbuka
PKS: Pemerintah Harus Ambil Tanggung Jawab Penuh Investigasi Tragedi Kanjuruhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini