Usut gratifikasi bupati Subang, KPK periksa penyidik kepolisian

Senin, 23 Mei 2016 11:50 Reporter : Yunita Amalia
Usut gratifikasi bupati Subang, KPK periksa penyidik kepolisian Bupati Subang Ojang Suhandi ditahan KPK. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memanggil beberapa saksi untuk kasus gratifikasi yang dilakukan Bupati Subang, Ojang Sohandi (OJS). Salah satu dari saksi yang diagendakan menjalani pemeriksaan hari ini adalah penyidik kepolisian.

"Ya benar ketiga saksi diperiksa untuk TPK menerima gratifikasi dengan tersangka OJS," ujar pelaksana harian kabiro humas KPK, Yuyuk Andriati Senin (23/5).

Saksi-saksi yang diperiksa penyidik KPK antara lain, Lenih Marliani Karyawan Swasta, Yusuf Hamdani penyidik penanganan perkara tindak pidana korupsi penyalahgunaan anggaran dalam pengelolaan dana kapitasi pada program jaminan kesehatan nasional di Dinas Kesehatan Kabupaten Subang 2014, dan Rohadi sebagai penyidik kepolisian.

Seperti diketahui, KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan, Senin (11/4) di Kejaksaan Tinggi Jabar. Dalam operasi tersebut KPK menciduk jaksa Devianti Roechati dan Lenih Marliani di kantor Kejati Jabar dan Bupati Subang Ojang Sohandi di Subang.

Dari hasil operasi tangkap tangan KPK mengamankan uang Rp 528 juta dari Devianti. Sedangkan saat mengamankan Ojang di Subang, KPK berhasil mengamankan uang Rp 385 juta di dalam mobilnya.

Dalam kasus ini akhirnya KPK menetapkan lima orang tersangka yakni Lenih Marliani (LM), Jajang Abdul Holik (JAH), Ojang Sohandi (OJS) sebagai pemberi, kemudian Devianti Rochaeni (DVR) dan Fahri Nurmallo (FN) sebagai penerima.

Untuk tersangka yang memberikan suap dikenakan pasal 5 ayat 1 huruf a dan b dan atau pasal 13 uu tipikor nomor 31 tahun 1999 jo nomor 20 tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Untuk Ojang dikenakan pasal tambahan 12 B.

Sedangkan bagi tersangka penerima dikenakan pasal 12 huruf a dan b dan atau pas 11 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini