Usul rapat tertutup ditolak, Fraksi Gerindra WO dari raker Komisi III dan Kapolri

Kamis, 19 Juli 2018 15:58 Reporter : Sania Mashabi
Usul rapat tertutup ditolak, Fraksi Gerindra WO dari raker Komisi III dan Kapolri Sufmi Dasco Ahmad. ©2017 dok foto dok ri

Merdeka.com - Fraksi Partai Gerindra walk out dari Rapat kerja (Raker) Komisi III dengan Kapolri Jenderal Tito Tito Karnavian. Mereka keluar karena merasa permintaannya terkait mekanisme rapat tidak diakomodir oleh pimpinan rapat, Kahar Muzakir.

Aksi walk out terjadi setelah Tito memaparkan hasil kinerjanya terkait pengamanan Ramadhan, Pilkada Serentak 2018, hingga Asian Games. Gerindra yang diwakili oleh Sufmi Dasco Ahmad memberikan interupsi supaya rapat dilakukan secara tertutup. Kemudian tidak ada pertanyaan yang dijawab secara tertulis dan rapat dilaksanakan tanpa ada batas waktu.

"Kami ingin rapat dilaksanakan secara tertutup," kata Dasco dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/7).

Interupsi itu sontak memicu interupsi dari fraksi lainnya. Mereka kebanyakan tidak setuju jika rapat dilaksanakan secara tertutup dan tanpa ada batasan waktu. Karena Komisi III masih ada kegiatan kunjungan kerja.

"Kita masih ada kunjungan kerja ke Bandung," kata Anggota Komisi III Fraksi NasDem Taufiqulhadi.

Sebagai pimpinan rapat, Kahar menampung semua aspirasi, tetapi tanpa memutuskan pilihan mekanime rapat yang diperdebatkan. Dia mempersilakan pada Fraksi PDI Perjuangan memberikan tanggapan.

Hingga akhirnya membuat Dasco dan dua anggota lainnya yakni Supratman Andi Agtas dan Wihadi Wiyanto walk out dari rapat.

"Pimpinan saya kan terakhir bicara kita masih menginginkan tertutup belum diputuskan oleh pimpinan tapi sudah diberikan ke Fraksi PDIP. Kalau begini caranya, permintaan kami kan berarti tidak diakomodir," ujar Dasco.

"Ya sudah kalau begitu Fraksi Gerindra mungkin memutuskan untuk tidak ikut raker pada saat ini. Kami akan ikut raker kalau kemudian diakomodir oleh pimpinan atau pada saat Komisi III sudah mempunyai Ketua komisi III yang baru," ucapnya. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini