Ustaz Abdul Somad: Masjid penceramahnya menyampaikan ujaran kebencian hanya 6 persen

Rabu, 25 Juli 2018 16:59 Reporter : Merdeka
Ustaz Abdul Somad: Masjid penceramahnya menyampaikan ujaran kebencian hanya 6 persen ustadz abdul somad. ©2017 blogspot.com

Merdeka.com - Penceramah kondang asal Riau, Ustaz Abdul Somad mengatakan, masyarakat saat ini sudah kian cerdas untuk memilih apa yang baik dan buruk, khususnya dalam mendengarkan tausiah atau ceramah yang disampaikan para ustaz. Bahkan, menurut dia, jemaah bisa menginterupsi para ustaz yang menyampaikan pesan tersebut.

"Kalau ada ustaz yang ceramah, 'kalau tetanggamu beda agama, kalau tetanggamu tidak sama, bakar rumahnya, hancurkan motornya, larikan anak gadisnya'. Itu langsung jemaah teriak, hey Pak Khatib turun. Kamu mengigau ya, ngimpi ya? Karena masyarakat kita sekarang sudah cerdas," kata ustaz Somad dalam Pengajian Akbar yang diselenggarakan Dewan Masjid Indonesia (DMI), dengan tema: Persatuan Umat Islam Untuk Kemaslahatan Bangsa, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (25/7).

Dia menampik bahwa banyak ustaz yang menyampaikan radikalisme, sehingga masjid di Indonesia mulai terpapar. Padahal, jumlahnya sangat sedikit.

"Masjid yang penceramahnya menyampaikan ujaran kebencian hanya 6 persen saja. Dan yang jemaahnya percaya cuma 2 persen, sisanya pada tidur," kata dia.

Dia menegaskan, data ini diperoleh dari DMI. Sehingga dia mengingatkan agar menyampaikan informasi itu harus sesuai data dan faktanya.

"Makanya kalau bicara fakta data. Kalau Abdul Somad yang bicara, orang nggak dengar. Kalau Abdul Somad yang klarifikasi, nggak ada yang dengar. Tapi kalau orang DMI yang tampil langsung, nggak ada tuh masjid sarang radikal," pungkas Ustaz Somad.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [gil]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini