Usai sidak banjir Jakarta, dini hari ini JK terbang ke Manado

Senin, 20 Januari 2014 01:10 Reporter : Eko Prasetya
Usai sidak banjir Jakarta, dini hari ini JK terbang ke Manado Jusuf Kalla. ©2013 Merdeka.com/Handout/Jusuf Kalla

Merdeka.com - Sebagai Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla terus memantau wilayah-wilayah yang dalam beberapa hari ini diterpa bencana alam. Tiga hari terakhir, JK berkeliling ke beberapa lokasi banjir di Jakarta untuk memantau pengungsi dan tim relawan PMI. Senin (20/1) dini hari ini, JK akan terbang ke Manado untuk mengecek penanganan korban banjir dan longsor.

Sebelumnya, JK telah mengunjungi korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara pada 7-8 Januari lalu dan memastikan seluruh relawan PMI dan posko-poskonya bekerja dengan baik.

Seperti yang disampaikan Husain Abdullah, Media Officer JK, di Manado JK akan mengunjungi korban dan lokasi banjir bandang, melakukan pembersihan sisa-sisa lumpur, membagi air bersih dari tangki air PMI ke rumah warga.

Topik pilihan: Banjir Jakarta | Gunung Sinabung Meletus

Berdasarkan informasi yang diterima JK, hingga hari ke 4 pascabanjir bandang yang melanda 7 kecamatan di wilayah manado, PMI Sulawesi Utara terus membantu warga korban banjir dengan mendistribusikan air bersih sebanyak 15 ribu liter di wilayah Banjer, Kecamatan Tikala, Kota Manado, Minggu (19/1) dengan mengerahkan 3 unit mobil tangki air.

Bantuan air bersih PMI kepada masyarakat Manado hingga hari ini mencapai sekitar 20 ribu liter, setelah sehari sebelumnya PMI mendistribusikan air sebanyak 5 ribu liter di wilayah Sario, Kota Manado.

Hingga saat ini PMI Sulawesi Utara telah mengerahkan 100 relawan untuk difokuskan pada pembersihan wilayah seputar kantor Walikota Manado. Pelayanan kesehatan juga terus dilakukan PMI dengan memberikan pelayanan mobile clinic, yang hingga kini melayani hingga 250 jiwa. Dan masih berlangsung hingga 2 minggu ke depan.

JK, sebelumnya mendapat laporan dari relawan PMI Sumatera Utara, Sinabung dari pukul 00.01-17.27 WIB pad Sabtu (18/1) telah terjadi gempa (guguran) sebanyak 57 kali namun tanpa erupsi, dan sampai pada 17.27 data pengungsi sudah mencapai 27.319 jiwa dan 8.546 kepala keluarga yang tersebar di 40 posko pengungsian. Pada 18 Januari 2013 relawan PMI di Sinabung telah melakukan pendistribusian air bersih sejak 7 November 2013-18 Januari 2014 sebanyak 2.209.000 liter kepada para pengungsi di semua titik. Selain itu JK juga terus memantau pendistribusian sayur mayur, obat-obatan sebagai untuk kebutuhan para pengungsi agar tetap sehat. [bal]

Baca juga:
Banjir di Sulawesi Utara, 19 korban tewas, kerugian Rp 1,87 T
Citraland Manado bantah ubah bentang alam penyebab banjir
Telkom pulihkan layanan telekomunikasi di daerah bencana

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir Manado
  3. Jusuf Kalla
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini