Usai putusan MK, pimpinan KPK siap hadir jika dipanggil Pansus Angket

Senin, 12 Februari 2018 17:04 Reporter : Sania Mashabi
Usai putusan MK, pimpinan KPK siap hadir jika dipanggil Pansus Angket Ketua KPK Agus Rahardjo. ©2017 Merdeka.com/Rendi Perdana

Merdeka.com - Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan keberadaan Panitia Khusus Hak Angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansus Angket KPK) sah. Ketua KPK Agus Rahardjo mengaku menghormati putusan tersebut, dan dia akan hadir jika nantinya Pansus memanggil KPK.

"Iya kalau kita kan. Itu tadi kan sudah dijelaskan bahwa KPK menghormati putusan MK. MK kan menyatakan pansusnya konstitusional. Intinya kan kita iya (akan hadir jika di panggil, pansus)," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/2).

"Tapi sekarang sedang dipelajari, kemudian ada bagian-bagian kalau tidak salah kan putusan juga limitatif ada yang kita pelajari nanti termasuk jawaban kita untuk besok, besok kan ketemu lagi di sini," tambah Agus.

Hari ini (12/2) KPK hadir dalam rapat dengar pendapat di Komisi III DPR. Namun rapat itu diskors hingga besok pagi karena DPR akan menyelenggarakan rapat paripurna sore ini.

Sebelumnya dalam rapat dengar pendapat, anggota komisi III DPR yang juga anggota Pansus Angket, Arteria Dahlan menegaskan pada KPK bahwa tidak ada alasan lagi untuk tidak menghadiri panggilan Pansus. Sebab, MK telah memutuskan Pansus Angket KPK Konstitusional.

"Mudah-mudahan hormati yang tegak lurus ke temen-temen media. Bahwa tidak ada permasalahan soal pasal 79 ayat 3. Pansus angket DPR terhadap KPK. Tidak ada permasalahan konstitusional panggil KPK dalam hak angket," tandasnya.

Diketahui, MK selesai menolak permohonan materi yang diajukan korban pegawai KPK terkait pasal hak angket dalam UU MD3. Putusan ini, MK menyatakan hak angket KPK yang dibentuk Dewan Perwakilan Rakyat adalah sah. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini