Kebakaran hutan sudah padam, Gunung Lawu masih ditutup untuk pendakian

Senin, 27 Agustus 2018 08:02 Reporter : Fikri Faqih
Kebakaran hutan sudah padam, Gunung Lawu masih ditutup untuk pendakian Gunung Lawu. wisatagunung.wordpress.com

Merdeka.com - Meskipun kebakaran kawasan hutan Gunung Lawu sudah padam, namun seluruh jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu masih ditutup hingga Minggu (26/8) malam.

Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan, KPH Lawu Lawu dan Sekitarnya (Lawu DS), Marwoto mengatakan, kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Lawu selama seminggu terakhir sudah dinyatakan padam.

"Api sudah padam semua. Namun jalur pendakian melalui Cemoro Sewu masih ditutup. Kami menunggu koordinasi dengan pengelola jalur pendakian lainnya," katanya seperti dilansir oleh Antara, Senin (27/8).

Selain Cemoro Sewu, jalur pendakian lain menuju puncak Gunung Lawu, yaitu Candi Cetho dan Cemoro Kandang, Karanganyar, Jawa Tengah hingga saat ini juga masih ditutup.

"Kami saling berkomunikasi dan saling menginformasikan antarpengelola, menyangkut keselamatan pendaki. Apalagi mendaki merupakan wisata minat khusus itu berisiko. Jadi banyak pertimbangan dari pengelola," jelasnya.

Menurut dia, pengelola wisata minat khusus pendakian puncak Gunung Lawu tetap mengutamakan keselamatan pengelola maupun pendaki.

"Kalau hanya mengejar keuntungan, tidak akan pernah ada habisnya. Kami tetap mengutamakan keselamatan pengelola dan pendaki. Karena akibat kelalaian, kami bisa dipidana," tegas dia.

Sebagaimana diketahui, kawasan hutan di Gunung Lawu terbakar sejak sekitar seminggu lalu. Kawasan yang terbakar berada di wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, serta Kabupaten Ngawi dan Magetan, Jawa Timur. [fik]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini