Usai divisum, Jenazah Pratu bakal dikebumikan di Magetan

Rabu, 24 Agustus 2016 01:33 Reporter : Abdullah Sani
Usai divisum, Jenazah Pratu bakal dikebumikan di Magetan Jenazah Pratu Wahyudi diantar ke RSUD Kota Dumai. ©2016 merdeka.com/abdullah sani

Merdeka.com - jenazah Pratu Wahyudi, satuan petugas (satgas) yang gugur dalam menjalankan tugas pemadaman kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Rokan Hilir, Riau rencananya akan dikebumikan di Magetan, Jawa Timur. Pemakaman Prajurit Detasemen Rudal kotamadya Dumai itu bakal dilakukan usai visum di RSUD Kota Dumai, dinyatakan selesai.

Jenazah Pratu sebelumnya divisum di rumah sakit Dumai dengan diantarkan oleh Komandan Korem (Danrem) 031 Wirabima Brigjend TNI Nurendi bersama Kapolda Riau Brigjen Supriyanto. Selain itu, nampak pula Gubernur Riau, Bupati Rohil serta Walikota Dumai mendatangi ruang jenazah RSUD Dumai.

"Almarhum (Pratu Wahyudi) akan diberangkatkan ke kampung halamannya di Kabupaten Magetan besok, melalui Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim Pekanbaru," kata Brigjend Nurendi, Selasa (23/8).

Berdasarkan pantauan, Nurendi tak dapat menyembunyikan raut wajah sedih atas kehilangan seorang prajurit handalannya dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan. Dia tampak berduka sangat mendalam.

Sebelum ditemukan tewas, Pratu Wahyudi sempat dinyatakan hilang pada Kamis 18 Agustus 2016 sekitar pukul 17.30 Wib lalu. Kala itu, rekan sejawatnya sempat menelpon dan dijawab bahwa ia dibawah pohon besar. Namun saat itu juga dia berteriak seolah meminta pertolongan.

"Saat ditelepon almarhum sempat mengucapkan Allahu Akbar sebanyak 3 kali," ujar Nurendi.

Dikalangan baret hijau, lanjut Nurendi, Pratu sendiri dikenal sebagai prajurit yang taat ibadah dan patuh dalam menjalankan tugas baik menjaga NKRI, maupun tugas yang diembankan negara untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Riau.

"Pratu Wahyudi bergabung dengan TNI semenjak 6 tahun silam. Dia dikabarkan akan segera menikah di kampung halamannya di Magetan, Jawa Timur,"paparnya.

Di hubungi terpisah, Komandan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin Pekanbaru Marsekal Pertama Henri Alfiandi mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan pemulangan jenazah Pratu Wahyudi ke kampung halamannya untuk dimakamkan.

"Anggota saya, sudah bersiap untuk melaksanakan dan mensupport pemulangan jenazah (Pratu Wahyudi) ke Magetan Jawa Timur," tutup Henri. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini