Upaya Kasad Jenderal Andika Memanusiawikan Tahanan

Kamis, 6 Mei 2021 18:34 Reporter : Henny Rachma Sari
Upaya Kasad Jenderal Andika Memanusiawikan Tahanan Jenderal Andika Perkasa Tangkap Prajurit TNI Gendut. YouTube @TNI AD ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan instalasi tahanan militer berbasis information communication technology (ICT) lebih 'memanusiawikan' tahanan.

"Hal yang lebih penting dari pembangunan Smart Instalasi Tahanan Militer Pomdam Jaya/Jayakarta yakni lebih manusiawi," kata Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, seperti dikutip Antara, Kamis (6/5).

Dengan sistem ICT instalasi tahanan dapat dikelola dengan baik sekaligus dapat menghindari potensi terjadinya vandalisme, bullying, maupun yang bisa mencederai diri sendiri dari tahanan.

"Segala bentuk gerakan itu ada analisisnya, dan analisisnya dilakukan langsung oleh artificial intelligence. Jadi sudah otomatis. Sekarang semuanya sudah bagus dan sangat aman karena semua yang berada di dalam memang didesain sedemikian rupa," paparnya.

Kadisinfolahtad Brigjen TNI Winarto menjelaskan Instalasi Tahanan Militer Pomdam Jaya/Jayakarta didukung dengan sistem keamanan yang mumpuni. Kemudian juga tidak ketinggalan sarana dan prasarana lengkap penunjang hak-hak dari tahanan.

Instalasi tahanan militer Pomdam Jaya/ Jayakarta dilengkapi dengan fasilitas yang memadai salah satunya soal hak tahanan untuk menerima kunjungan.

"Di sini juga untuk melaksanakan kunjungan, dilakukan dengan dua cara, yang pertama kunjungan secara langsung, namun tetap dibatasi oleh kaca, sehingga berbicara melalui sarana telepon, namun telepon yang kabel," ujar Danpuspomad.

Cara berkunjung yang lainnya yakni dengan cara virtual yang dapat diakses melalui website Pomdam Jaya/Jayakarta dan komunikasi virtual dapat dilakukan di satuan-satuan polisi militer.

Sebelumnya, pada 20 April 2021 lalu Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa meresmikan instalasi tahanan militer berbasis "information communication technology" (ICT) di Markas Polisi Militer Kodam Jayakarta (Mapomdam Jaya), Jakarta Selatan.

Fasilitas ini juga telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan untuk memantau gerak gerik para tahanan sehingga menciptakan suasana lebih aman dan nyaman. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini