Untuk bayar gugatan, PKL dan aktivis kumpulkan koin Rp 1 miliar

Rabu, 16 September 2015 13:15 Reporter : Kresna
Untuk bayar gugatan, PKL dan aktivis kumpulkan koin Rp 1 miliar PKL dan aktivis kumpulkan 1 Miliar koin untuk bayar gugatan. ©2015 Merdeka.com/kresna

Merdeka.com - Sejumlah aktivis dan PKL di Jalan Brogjen Katamso yang digugat Rp 1,12 miliar mengumpulkan 1 miliar koin di Tugu Yogyakarta, Rabu (16/9). Pengumpulan ini dilakukan untuk membayar gugatan kepada pengusaha Eka Aryawan karena menuding PKL sudah membuatnya rugi.

Baharudin Kamba, salah seorang penggagas gerakan koin 1 Miliar untuk PKL mengatakan gerakan ini merupakan murni gerakan solidaritas dari masyarakat Yogyakarta. Gerakan ini dilakukan sebagai bentuk perlawanan terhadap ketidakadilan terhadap orang-orang kecil dan lemah seperti para PKL.

"Kami warga Yogyakarta merasa prihatin dan ingin melakukan sesuatu untuk berjuang bersama para PKL. Karena itu kami membuat gerakan ini, siapa saja boleh berpartisipasi," katanya saat ditemui usai pengumpulan koin di Tugu Yogyakarta, Rabu, (16/9).

Dia menerangkan target gerakan tersebut bukan mengumpulkan dana 1 miliar. Tetapi lebih pada menggalang dukungan dari masyarakat Yogyakarta yang memiliki kepedulian atas kasus yang menimpa lima PKL di Gondomanan.

"Kalau harus mendapat 1 miliar sulit, tapi kita ingin membuktikan bahwa banyak masyarakat yang peduli dengan kasus ini, dan ingin keadilan buat orang kecil," ungkapnya.

Sementara itu Agung, PKL yang turut digugat mengucapkan terima kasih atas munculnya gerakan itu. Dia berharap gerakan ini bisa berhasil dan dia bisa membayar gugatan jika akhirnya divonis kalah oleh PN Kota Yogyakarta.

"Kami jaga-jaga, kalau nanti di pengadilan kalah, koin ini untuk bayar pengusahanya," ungkapnya.

Saat ini gerakan 1 miliar koin untuk PKL sudah mengumpulkan uang koin Rp 211.600. Selain di Tugu, penggalangan koin juga dilakukan di perempatan Gondomanan tidak jauh dari tempat PKL berjualan.

Sebelumnya, lima PKL yaitu Budiono, Sutinah, Agung, Sugiyadi dan Suwarni digugat Rp 1,12 miliar karena menempati lahan yang diklaim milik pengusaha Eka Aryawan. [hhw]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini