Uniknya program-program di Radio Streaming Pamityang2an

Sabtu, 16 November 2013 16:51 Reporter : Agib Tanjung
Uniknya program-program di Radio Streaming Pamityang2an Radio. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Tak hanya radio konvensional saja mempunyai program acara menarik, di Radio Streaming Pamityang2an (PYY) Qwerty juga banyak menyiarkan acara musik unggulan yang dikemas secara unik. Itu salah satu alasan kenapa radio online asal Yogyakarta ini banyak diminati pendengarnya.

Menurut salah satu penyiar di PYY, Bayu Pamura, lebih kurang ada 10 program musik unggulan yang memutarkan artis lokal maupun internasional. PYY sendiri tak mempunyai konsep khusus dalam mengoleksi lagu-lagu.

"Siapa saja, di mana saja bisa request lagu ke kami. Langsung mention ke akun twitter kami di @pamityang2an langsung kami carikan dan langsung kami putarkan saat itu juga. Karena link untuk mendengarkan selalu kami bagi di twitter saat sedang siaran," kata Bayu kepada merdeka.com, Jumat (15/11).

Kendati demikian, setiap orang tetap harus mengikuti program acara musik yang sedang berlangsung. Pasalnya, setiap hari program yang mereka putar selalu berbeda-beda jenis genre-nya.

"Ada ALMARI (Alternatif Malam Hari), lalu MUSOLA (Musik Slow dan Galau), NGEMUT (Ngerock Malam Jumat), NGISING (Ngindonesia Singer), TEMPIL (Tembang Indonesia Pilihan), KIMCIL (Kompilasi Lagu Masa Kecil), NGADANG BIS (Nglaras Dangdut Bisa Rikues Disini), terus NGACENG (Nglaras Campursari Enggal), dan sebenarnya masih banyak lagi," paparnya.

Menurut Bayu, sampai saat ini total jumlah penyiar di PYY ada sekitar 15 orang. Namun setiap orang yang datang ke kantor PYY dipersilakan untuk menjadi penyiar dengan memutarkan lagu-lagu favoritnya, dengan syarat tetap harus mengoperasikan akun twitter PYY selama siaran berlangsung. PYY pun selalu menyebut para penyiarnya dengan panggilan DJ.

"Kalau untuk yang tetap mungkin ada tujuh orang, kita menyebutnya board atau pendiri. Tapi kalau untuk DJ lainnya ada banyak, sekitar 15 orang. Jadi sebenarnya siapapun bisa jadi DJ dan siaran di PYY," ujar Bayu.

Bayu menambahkan, selama tiga tahun PYY berdiri, dia dan teman-temannya banyak menjumpai kejadian lucu dari pendengar-pendengar setianya. Dia optimis PYY bisa selalu eksis di Yogyakarta lantaran sudah banyak pihak yang mendukung radio mereka tersebut.

"Banyak kalau kisah selama PYY berdiri. Dari patungan buat nombokin bayar server, internet dan listrik studio. Komputer udah habis 3 biji, terima kasih untuk teman-teman yang sudah menyumbang dan merelakan komputernya untuk PYY. Selain itu ada juga follower/pendengar yang naksir DJ-nya, dan yang terakhir dapat kabar ada pendengar/follower PYY yang menikah gara-gara ketemu di timeline twitter PYY," imbuh Bayu dengan bangga.

Baca Juga:

Eksistensi radio berita di tengah era digital

Pamityang2an, radio streaming fenomenal dari Yogyakarta

Lima pesohor awali karir dari penyiar radio

Cerita Radio Sonora jadi 'pemersatu' korban gempa Yogya [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Radio
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini