Unik, Warga Garut Upacara 17 Agustus di Atas Perahu Rakit

Minggu, 18 Agustus 2019 04:00 Reporter : Mochammad Iqbal
Unik, Warga Garut Upacara 17 Agustus di Atas Perahu Rakit Upacara HUT RI di Garut. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Berbagai cara unik dilangsungkan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke 74 tahun 2019. Di Kabupaten Garut, salah satu resort yang ada di Kecamatan Samarang menggelar upacara 17 Agustus 2019 di atas rakit dan perahu kecil di sebuah danau.

Upacara yang dilangsungkan di Kampung Sampireun Resort & Spa tersebut diikuti seluruh karyawan lintas departemen, mulai front office, kitchen, food and beverage, sekuriti, hingga accounting dan juga tamu hotel. Kegiatan pun dipimpin General Manager Kampung Sampireun, R Arief Achmad Iskandar.

Proses upacara dilakukan khidmat. Mulai dari pengibaran bendera dilakukan dengan cara pengibar diantarkan menggunakan perahu menuju rakit yang terdapat tiang bedera. Pengibaran diiringi lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kegiatan dilanjutkan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, UUD 1945, proklamasi, amanat pembina upacara, hingga pembacaan doa.

"Dengan kekuatan dan pesona sumber daya alam yang dimiliki oleh Kampung Sampireun yakni danau alami, maka kami membuat rancangan pengibaran bendera merah putih untuk menyambut HUT RI ke-74 tersebut dilakukan di tengah atau di atas danau layaknya upacara 17 Agustusan lainnya," kata R Achmad Arief Iskandar, Sabtu (17/8).

Dalam upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia di Sampireun, kata Achmad, sejumlah pegawai pun memeriahkan dengan memainkan ketukan tumbukan lisung penuh semangat sambil mengenakan pakaian kebaya Sunda. Selain itu, para pegawai lainnya mengenakan kostum bertema kepahlawanan dan adat Indonesia.

"Kita juga mengajak para tamu untuk ikut terlibat dalam kegiatan yang kita gelar hari ini. Kita juga melibatkan para tamu untuk mengikuti berbagai kegiatan yang telah kita siapkan, mulai kaulinan barudak lembur hingga ngagondang," katanya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. HUT RI
  2. 17 Agustus
  3. Garut
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini