Umumkan Pemindahan Ibu Kota, Presiden Jokowi Sudah Surati Ketua DPR

Senin, 26 Agustus 2019 13:48 Reporter : Merdeka
Umumkan Pemindahan Ibu Kota, Presiden Jokowi Sudah Surati Ketua DPR Jokowi umumkan ibu kota baru. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Jokowi mengumumkan lokasi ibu kota negara yang baru yakni di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Untuk memuluskan rencana itu, Jokowi sudah menyurati Dewan Perwakilan Rakyat.

"Saya paham pemindahan ibu kota termasuk lokasi, butuh persetujuan DPR. Tadi pagi saya sudah kirim surat ke ketua DPR dan dilampiri hasil kajian mengenai calon ibu kota baru," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).

Hadir dalam pengumuman itu adalah Wapres Jusuf Kalla, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri ATR Sofyan Djalil, Menteri Kehutanan dan LH Siti Nurbaya, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Jokowi mengatakan, terkait aturan pemindahan ibu kota baru ini, pemerintah juga sedang menyiapkan rancangan undang-undang.

"Pemerintah akan persiapkan rancangan undang-undang dan akan disampaikan ke DPR," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menjelaskan alasan pemindahan ibu kota dilakukan. Dia menyebut beban Jakarta dan Pulau Jawa sudah terlalu berat untuk menampung kepadatan penduduk, kemacetan dan polusi.

Berdasarkan kajian Bappenas, Jokowi mengungkapkan, dipilihnya Kalimantan Timur karena wilayah itu bebas bencana seperti banjir, tsunami, gempa bumi, dan longsor.

"Lokasi strategis berada di tengah-tengah wilayah Indonesia, dekat kota yang sudah berkembang Balikpapan, Samarinda dan tersedia lahan milik negara 180 ribu hektare," kata Jokowi.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini