Ulah-Ulah Setya Novanto, Bersel Mewah Sampai Mampir di Restoran Nasi Padang

Selasa, 18 Juni 2019 06:33 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Ulah-Ulah Setya Novanto, Bersel Mewah Sampai Mampir di Restoran Nasi Padang setnov diperiksa KPK. ©2017 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Setya Novanto atau dikenal dengan panggilan Setnov tak jera bikin ulah. Dia beberapa kali tepergok berada di luar tahanan setelah divonis 15 tahun penjara atas kasus korupsi e-KTP.

Aksi Setya Novanto itu seketika ramai diperbincangkan. Setnov dinilai tak kapok membuat masalah meski sudah menjadi narapidana. Berikut ulah-ulah Setnov yang bikin geleng-geleng:

1 dari 3 halaman

Tepergok di Restoran Nasi Padang

Beberapa waktu lalu, Setya Novanto tiba-tiba muncul di restoran Padang RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Saat itu Setnov tengah izin untuk menjalani pengobatan berdasarkan rekomendasi dokter di RSPAD. Namun usai menjalani pengobatan, Setya Novanto ingin mencari angin dan akhirnya duduk di sebuah restoran, di lingkungan RSPAD.

"Jadi habis periksa, jalan gitu sebentar mau angin-angin. Terus rupanya duduk di situ. Kami sudah membentuk tim untuk memeriksa pegawai kami. Kan di sana ada dua pengawal. Ada dari Lapas Sukamiskin," jelas Dirjen Kemasyarakatan Kemenkum HAM Sri Puguh Budi Utama.

2 dari 3 halaman

Di Toko Bangunan

Terbaru, Setya Novanto dikabarkan terlihat berada di sebuah toko bangunan di kawasan Padalarang pada Jumat, 14 Juni 2019. Pada foto yang beredar, pria yang mirip Setya Novanto itu mengenakan kemeja lengan pendek serta memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker. Dalam foto, dia tengah berbincang dengan seorang wanita dengan tas berwarna merah.

Kalapas Sukamiskin Tejo Harwanto mengakui Setya Novanto meminta izin keluar untuk berobat. Kepergiannya dipastikan mendapat pengawalan. Dia menyatakan baru mendapatkan informasi mantan Ketua DPR itu menuju Padalarang.

"Izin berobat ke Rumah Sakit Santosa. Dikawal pihak kepolisian dan Lapas. Informasi (Setya Novanto ke toko bangunan) dibuat berita acara pemeriksaan," ujar Tejo saat dikonfirmasi.

3 dari 3 halaman

Sel Mewah

Yang tak kalah mengejutkan dari Setya Novanto ialah sel mewah yang dihuninya di Lapas Sukamiskin, Bandung. Sel mewah Setnov terungkap kala tim Mata Najwa yang ikut Dirjen PAS sidak ke Lapas Sukamiskin. Mereka menemukan kejanggalan saat mendatangi sel nomor 29 Blok Timur yang ditempati Setya Novanto.

Begitu masuk ke sel, terlihat kamar yang begitu ditata rapi, kecil dan terkesan sederhana. Namun, ada hal mencurigakan di sana. Salah satunya adalah papan nama di pintu yang terkesan baru dipasang. Selain itu, barang-barang yang ada sel tersebut juga tidak mencerminkan sosok Setnov. Ada sejumlah parfum perempuan hingga cat rambut berharga murah.

Menkumham sendiri akhirnya mengakui, sel tersebut palsu dan bukan tempat Setya Novanto. "Itu bukan sel Setya Novanto," kata Yasonna H Laoly.

Fakta baru kemudian diungkap Ombudsman saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada Kamis 13 September 2018 malam, di Lapas Sukamiskin. Temuan Ombudsman mengungkap, bahwa kamar tahanan Setnov lebih besar dibanding yang lain. Sel mantan Ketua DPR itu juga dilengkapi sejumlah perabotan tertata rapi. Tak cukup itu, kloset duduk serta dinding plywood juga menghiasi sel mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

"Kamarnya Setnov lebih luas, lebih bagus. Ukuran dua kali lipat dari (kamar) semuanya," kata Anggota Ombudsman Ninik Rahayu di Kantor Kanwil Kemenkum HAM Jabar, beberapa waktu lalu. [has]

Baca juga:
Setnov Huni Sel Sendirian di LP Gunung Sindur, Diisolasi Satu Bulan
Kemenkum HAM: Setnov Tak Akan Bisa Kemana-mana Lagi Usai di Lapas Gunung Sindur
Kemenkum HAM: Pak Setnov Lakukan Pelanggaran Besar
Ketua DPR Minta Komisi III Panggil Kemenkumham Soal Kasus Pelesiran Setnov
Kasus Pelesiran Setya Novanto, Ditjen PAS Didesak Perbaiki Sistem
Cara Setnov Kelabui Petugas yang Mengawal Hingga Tinggalkan Rumah Sakit

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini