Ucapan Terima Kasih Menpora untuk Tiga Srikandi Indonesia

Rabu, 6 Februari 2019 11:59 Reporter : Bagus Suryadinata
Ucapan Terima Kasih Menpora untuk Tiga Srikandi Indonesia Menpora Imam Nahrawi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengucapkan terima kasih kepada kepada tiga atlet Indonesia yang baru saja pensiun. Mereka adalah Liliyana Natsir, Debby Susanto dan yang terdahulu Lidswell Kwok.

Imam menyampaikan, keputusan yang diambil tiga Srikandi Indonesia ini harus diapresiasi. "Keputusan mereka harus kita apresiasi, dan perjuangan mereka selama ini sangat membanggakan dan bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia di pentas dunia," kata Menpora.

Untuk informasi, Liliyana Natsir merupakan atlet badminton Indonesia. Hampir semua gelar juara sudah diraih Liliyana bersama pasangannya Tontowi Ahmad di cabang olahraga bulu tangkis, seperti gelar hat-trick di All England pada tahun 2012, 2013 dan 2014, gelar Juara Dunia di Guangzhou 2013 dan Glasgow 2017, serta puncaknya medali emas olimpiade yang mereka idam-idamkan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Namun hanya satu gelar yang belum diraihnya, yakni emas Asian Games.

Sementara Debby Susanto, memutuskan mengakhiri kariernya sebagai atlet bulu tangkis nasional karena alasan utamanya adalah lebih fokus ke keluarga. Babak pertama Daihatsu Indonesia Masters 2019 menjadi laga terakhirnya. Berpasangan dengan Ronald Alexander, Debby dikalahkan Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich (Jerman), dengan skor 21-15, 21-13.

Pebulutangkis berusia 29 tahun itu mengajukan surat pengunduran diri kepada Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) tepat pada akhir Januari.

"Jadi untuk ke depan belum tahu, yang sekarang, saya mau urus keluarga dulu. Lebih ke keluarga, apalagi saya baru menikah, sebenarnya jarang pulang ke rumah. Jadi, lebih fokus ke orangtua karena dari kecil sudah merantau, ingin habiskan waktu untuk mereka juga," ungkapnya.

Atlet yang lebih dahulu pensiun ialah Lidswell Kwok, atlet wushu peraih emas untuk Indonesia di Asian Games 2018 lalu ini merasa kariernya sudah cukup.

"Saya itu sudah terjun ke wushu sejak kecil. Jadi setelah Asian Games saya memutuskan untuk istirahat terlebih dahulu," ucap Lindswell, atlet peraih emas untuk Indonesia di Asian Games 2018 lalu. Bagi Ratu Wushu ini, kariernya di wushu dinilai sudah cukup.

Selain menggondol juara dunia, dalam kariernya di Wushu sejauh ini, Lindswell diantaranya sudah mengoleksi lima medali emas dalam gelaran Kejuaraan Dunia sejak 2009. Di level SEA Games, ia merupakan peraih medali emas sejak 2011 di Jakarta, 2013 Myanmar, 2015 Singapura, dan 2017 Malaysia.

Soal regenerasi di dunia Wushu Indonesia, Lindswell percaya para juniornya perlahan-lahan bakal berkembang, salah satunya termotivasi dengan raihan dirinya sejauh ini.

"Sekarang mungkin belum kelihatan. Semoga dengan prestasi sekarang, anak-anak bisa terpacu," ucapnya. [hrs]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini