Uang Ratusan Juta yang Diamankan Polisi di Surabaya Ternyata untuk Saksi TPS

Selasa, 16 April 2019 16:26 Reporter : Erwin Yohanes
Uang Ratusan Juta yang Diamankan Polisi di Surabaya Ternyata untuk Saksi TPS Ilustrasi Uang. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Bawa uang ratusan juta, dua mobil yang sempat melintas di kawasan Surabaya pada Senin (15/4) malam, diamankan polisi. Mengantisipasi serangan fajar money politics, polisi kemudian menyerahkan kasus tersebut ke Sentra Gakkumdu.

Kecurigaan polisi ini berawal saat kedua mobil tersebut melawan arus di Jalan Gayungsari, Surabaya. Saat dihentikan dan dilakukan penggeledahan itulah, polisi kemudian menemukan uang dengan jumlah berbeda pada kedua mobil tersebut.

"Ditemukan uang Rp 253 juta dan Rp 102.550 juta oleh anggota Polsek Gayungsari," ungkap Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran, Selasa (16/4).

Terkait dengan temuan tersebut, polisi lantas menyerahkannya pada sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang terpusat di kantor Bawaslu Kota Surabaya.

Menanggapi temuan polisi itu, Komisioner Bawaslu Kota Surabaya sekaligus Koordinator Sentra Gakkumdu Usman mengatakan, setelah melakukan rapat koordinasi dan pemeriksaan terhadap beberapa orang, pihaknya telah dapat menyimpulkan terkait dengan kejadian tersebut.

"Jadi uang yang ditemukan tersebut merupakan uang untuk saksi di tempat pemungutan suara (TPS). Dan secara normatif itu memang dapat dibenarkan. Hal ini diperkuat dengan adanya surat saksi dari salah satu partai, yang dibawa oleh para pembawa uang tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan, tidak ada yang salah dalam kejadian ini. Polisi dianggap juga sudah benar melakukan tindakan pengamanan. Sebab jika di masa tenang semacam ini, semua pihak memang diharapkan untuk selalu waspada terhadap berbagai tindak pidana, termasuk diantaranya adalah tindak money politics.

"Karena yang dilakukan oleh pembawa uang uang tersebut sudah sesuai dengan prosedur, dan setelah kita lakukan kroscek, maka mereka kemudian kita lepas," tegasnya.

Untuk diketahui, polisi pada Senin (15/4) malam, mengamankan satu mobil pribadi dan satu mobil taksi online. Kedua mobil tersebut diketahui tengah melawan arus di kawasan Jalan Gayungsari Surabaya.

Curiga dengan kedua mobil tersebut, polisi lantas menghentikan dan melakukan penggeledahan. Saat dilakukan pemeriksaan itulah, polisi menemukan sejumlah uang yang sudah terbungkus di dalam amplop. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini