Tujuh Pasien Penderita Gangguan Jiwa RSJ Menur Surabaya Ikut Nyoblos Pemilu

Rabu, 17 April 2019 13:09 Reporter : Erwin Yohanes
Tujuh Pasien Penderita Gangguan Jiwa RSJ Menur Surabaya Ikut Nyoblos Pemilu Pasien Penderita Gangguan Jiwa di RS Menur ikut nyoblos Pemilu 2019. ©2019 Merdeka.com/Erwin Yohanes

Merdeka.com - Sebanyak tujuh orang pasien penderita gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Menur, turut serta menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019. Mereka pun mencoblos surat suara, sebagaimana layaknya warga biasa.

Kepala Bidang Penunjang Medik Rumah Sakit Jiwa Menur, Yulius Effendi mengatakan, ke tujuh pasien RSJ Menur tersebut telah memenuhi hak pilihnya pada Rabu (17/4) pagi tadi.

Mereka secara administratif telah diseleksi dan memenuhi sebagaimana yang dipersyaratkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sedangkan secara kemampuan psikologis, para pasien tersebut dianggap telah memenuhi tiga syarat.

"Syarat itu antara lain, fungsi kognitif atau fungsi akalnya masih berjalan dg baik, tidak agresif atau membahayakan, dan berperilaku sesuai norma sosial," ujarnya, Rabu (17/4).

Dia menambahkan, tujuh orang pasien tersebut merupakan hasil seleksi lebih dari 200 orang pasien rawat inap yang ada di RSJ Menur. Dari 200-an orang itu, setelah melalui tahap seleksi, tinggal 65 orang.

"Dan setelah melewati seleksi lagi tinggal 35 orang, hingga akhirnya setelah berkoordinasi dengan KPU, hanya tujuh yang memiliki kesempatan menyalurkan hak pilihnya," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Data KPU Surabaya, Robiyan Arifin menyatakan, pihaknya sengaja mendatangi RSJ Menur, karena pemilih dianggap berkebutuhan khusus.

"Ada tujuh orang yang kita layani. Hari ini dilayani oleh KPPS sekitar (RSJ) Menur. Karena keterbatasan mereka untuk mendatangi TPS, maka kita yang mendatangi mereka," tambahnya.

Disinggung, dari mana saja tujuh pasien ini berasal, Robiyan mengaku semuanya berasal dari Surabaya. Sehingga, secara administratif, tidak ada masalah lagi. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini