Tugas berat Kepala BNPT yang baru hadapi loyalis Santoso

Selasa, 19 Juli 2016 23:46 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Tugas berat Kepala BNPT yang baru hadapi loyalis Santoso latihan anti teror. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik Kepala badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) di Istana Negara besok, Rabu (20/7). Kabarnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengusulkan nama Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Suhardi Alius sebagai Kepala BNPT.

Anggota Komisi III DPR, Muhammad Nasir Djamil mengatakan apabila Suhardi benar didaulat menjabat kepala BNPT, maka tugas berat akan langsung dihadapinya. Yakni, mengantisipasi aksi loyalis pimpinan kelompok mujahidin Majelis Indonesia Timur (MIT), Santoso yang tersisa.

Aksi tersebut menyusul tewasnya Santoso dalam dalam baku tembak dengan satuan tugas operasi Tinombala di wilayah Utara Poso, Sulawesi Tengah, pada (18/7) kemarin.

"Ini adalah pekerjaan rumah berat bagi Suhardi sebagai calon Kepala BNPT ke depan, perlu langkah strategis dalam mengantisipasi munculnya kemarahan dan teror dari loyalis Santoso akibat tewasnya sejumlah anggota kelompoknya" kata Nasir saat dihubungi, Selasa (19/7).

Meski begitu, Nasir menilai Suhardi bisa mengatasi dan mengambil langkah strategis guna menumpas sisa anggota kelompok Santoso itu. Dia juga mengklaim, Komisi III juga akan membantu mencari cara untuk membantu BNPT menumpas pelaku terorisme di tanah air.

"Sebagai mitra komisi III, BNPT akan selalu kami awasi terutama langkah strategis lainnya yang akan diambil pasca tewasnya pimpinan kelompok teroris Santoso ini" ujarnya.

Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan memastikan sosok pengganti Jenderal Tito Karnavian sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) adalah Komjen Pol Suhardi Alius. Mantan Kabareskrim ini segera dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (20/7) besok.

"Iya benar (Suhardi Alius)," ucap Luhut singkat di Kemenko Polhukam, Jl Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/7). [bal]

Topik berita Terkait:
  1. BNPT
  2. Teroris Santoso Tewas
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini