Truk Melintas di Pelabuhan Ketapang Akan Dibatasi Cegah Penumpukan saat Mudik Lebaran

Minggu, 19 Mei 2019 05:01 Reporter : Merdeka
Truk Melintas di Pelabuhan Ketapang Akan Dibatasi Cegah Penumpukan saat Mudik Lebaran Pelabuhan Ketapang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri, bersama jajaran meninjau persiapan mudik lebaran 2019, Sabtu (18/5). Pelabuhan Ketapang menjadi salah satu yang dipilih.

Refdi menilai akses jalan menuju Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, kini nyaman dilalui pengendara. Menurut dia, sarana dan prasarana seperti rambu lalu lintas, penunjuk jalan, dan penerangan jalan umum telah lengkap.

Refdi menyakini kondisi itu dapat menarik pemudik untuk menggunakan transportasi laut. "Saya kira akses jalan yang kita lewati menuju Pelabuhan sangat bagus. Begitu pun penunjangnya," ucap dia.

Tapi, Refdi merasa masih perlu pembenahan. Sebab, ia melihat banyak truk yang mogok di sepanjang jalan menuju pelabuhan.

"Kami akan pikirkan solusinya. Mungkin pembatasan angkutan truk untuk golongan tertentu sehingga mengurangi pergerakan truk," ucap dia.

Refdi juga mendengarkan pemaparan dari Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Ketapang-Gilimanuk. Menurut dia, lonjakan penumpang akan sangat terasa pada H-2 hingga H+2. Pergerakan masyarakat pun lebih besar dari Gilimanuk ke Ketapang.

Tercatat, tahun lalu, jumlah penumpang berada di kisaran 490 ribu penumpang. Nyaris 500 ribu orang.

"Puncaknya ada di H-2 atau H-3," ucap dia.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini