Trimagra berkelit saat diminta bayar asuransi korban Sukhoi

Selasa, 29 Mei 2012 00:01 Reporter : Muhammad Sholeh
sukhoi superjet 100. merdeka.com/Degtyaryov Andrey Leonidovich / Shutterstock.com

Merdeka.com - PT Trimarga yang merupakan agen tunggal pesawat Sukhoi di Indonesia terus berkelit ketika diminta bertanggung jawab dan membayar asuransi sesuai dengan permen Nomor 77 tahun 2011.

Dirut PT Trimarga, Eng Djin Tjong alias Sudjito mengaku tidak siap untuk membayar asuransi terhadap korban pesawat Sukhoi dengan surat pernyataan tertulis.

"Saya tidak siap dan saya tidak memiliki hak," jawab Sudjito saat ditanya anggota Komisi V DPR, Teguh Juwarno dalam RDP di DPR, Jakarta, Senin, (28/5).

Menurut dia, ada aturan prosedural dan pembagian tugas antara Sukhoi dan PT Trimarga terhadap kecelakaan Sukhoi. Sehingga, pihaknya tidak dapat memberikan penggantian sesuai yang diminta Komisi V DPR.

"Ada aturan-aturan prosedural dan pembagian tugas antara Sukhoi Company dengan PT Trimarga," tambahnya.

Mendengar jawaban itu, hampir semua anggota DPR tercengang dengan jawaban Dirut PT Trimarga tersebut. Mereka menilai perusahaan itu menunjukkan sikap tak bertanggung jawab. Komisi V akan terus mengawal dan mendesak pihak terkait untuk menuntaskan membayar asuransi kepada para korban.

"Sukhoi menunjukkan sikap tak bertanggung jawab, mau bisnis mau untung juga harus mau menanggung rugi. Jangan seperti ini, pokoknya kita akan mendesak kepada pemerintah untuk mengawal pihak Sukhoi ataupun perwakilannya di Indonesia yaitu PT Trimarga untuk membayar asuransi terhadap korban," desak Teguh dengan nada tinggi.

Teguh mengaku kecewa atas jawaban itu, pasalnya dia sempat mendengar Dirut PT Trimarga sudah berkomunikasi dengan Kedubes Rusia di Jakarta. Namun, saat diminta membuat pernyataan tertulis, perusahaan itu justru menolak.

"Padahal tadi sebelumnya katanya pak Dirut sudah telpon ke kedubes Rusia, masak sekarang diminta untuk membuat surat pernyataan tertulis sebagai bentuk jaminan asuransi tidak mau. Tidak bisa begini," tegasnya. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. Sukhoi Hilang
  2. Korban Sukhoi
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.