Tren batu akik diklaim bikin angka perceraian di Purbalingga turun

Minggu, 22 Maret 2015 19:04 Reporter : Chandra Iswinarno
Tren batu akik diklaim bikin angka perceraian di Purbalingga turun Batu Akik. ©REUTERS/Beawiharta

Merdeka.com - Merebaknya tren perajin batu akik yang melanda wilayah Purbalingga Jawa Tengah diklaim membawa berkah selain peningkatan taraf perekonomian warga. Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto mengemukakan beberapa waktu terakhir, angka gugat cerai di wilayah yang dipimpinnya menurun.

"Sejak ada tren batu akik, angka gugat cerai menurun. Yang semula angka perceraian mencapai 2.300 kasus, sekarang menurun menjadi 1.800 kasus. Kondisi ini terjadi lantaran sang suami sekarang sudah bekerja, menjadi perajin batu akik," ujarnya di sela-sela mendampingi kunjungan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa di Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (22/3).

Dia mengemukakan, dalam dua hingga tiga bulan terakhir, tren batu akik ini menjadi solusi yang paling signifikan serta dianggap mampu menurunkan angka perceraian di kota yang terkenal dengan industri bulu mata dan rambut palsu ini.

Rido mencontohkan, seorang perajin yang pekerjaannya mengasah batu akik bisa menerima Rp 25 ribu untuk setiap batu yang diasahnya. "Jika sehari ada empat pelanggan, perajin menerima sudah Rp 100 ribu per hari. Sebulan menjadi 3 juta, lebih dari KHL di Purbalingga. Karena sudah dianggap bertanggung jawab kepada keluarga, istri nggak jadi menggugat cerai," jelasnya.

Sebelumnya, Kantor Kementerian Agama Purbalingga mencatat, saat ini angka perceraian di Purbalingga sudah hampir menyentuh 20 persen dari jumlah pernikahan. Padahal, jumlah pernikahan di Purbalingga ada pada kisaran 10 ribu hingga 11 ribu setiap tahunnya. Dengan demikian, diperkirakan sekitar 2.000 hingga 2.200 kasus perceraian kerap terjadi di Purbalingga.

Namun yang paling mengejutkan, dari angka 20 persen tersebut, mayoritas yang menggugat cerai berasal dari pihak istri. Motif ekonomi diduga menjadi pemicu angka perceraian di Purbalingga, lantaran banyaknya buruh perempuan yang bekerja dibandingkan buruh lelaki. [bal]

Baca juga:
Curi batu bacan di mal di Medan, Andi babak belur dan dibui
Cincin kecubung tak mau lepas, Aminah dilarikan ke RSUD Rengat
Cegah penipuan, Gubernur Jabar minta batu akik diberi sertifikasi
Hadiri pameran furnitur di Senayan, Jokowi lirik dan jajal batu akik
Kalah pamor dari batu akik, pedagang burung di Aceh gigit jari
Jokowi kaget batu akik ada yang harganya Rp 25 juta
Kinclongnya bisnis salon akik 3 bersaudara, beromzet jutaan rupiah

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Batu Akik
  3. Purbalingga
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini