Total hukuman Gayus 28 tahun penjara

Kamis, 1 Maret 2012 17:09 Reporter : Hery H Winarno
Total hukuman Gayus 28 tahun penjara Gayus Tambunan dok/merdeka.com

Merdeka.com - Gayus mungkin bisa masuk rekor museum Indonesia untuk terpidana dengan hukuman terbanyak. Hal ini dikarenakan total hukuman penjara untuk Gayus totalnya mencapai 28 tahun.

Vonis terakhir yang diberikan hakim pengadilan Tipikor, menjatuhkan hukuman untuk mantan pegawai pajak ini dengan 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar. Vonis tersebut dibacakan oleh majelis hakim yang diketuai oleh Suhartoyo.

"Dinyatakan bersalah dan dihukum dengan pidana penjara 6 tahun dan denda Rp 1 miliar," ujar Suhartoyo saat membacakan vonis di pengadilan Tipikor, Jl Rasuna Said, Jakarta, (1/3).

Dari kasus sebelumnya, total vonis Gayus telah mencapai 22 tahun. 22 Tahun tersebut didapat Gayus di Pengadilan Negeri Tangerang sudah dinyatakan berkekuatan hukum tetap oleh Mahkamah Agung dengan hukuman 8 tahun penjara. Lalu kasus di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tahun 2010 pun telah memiliki kekuatan hukum tetap dengan pidana penjara 12 tahun. Selain itu Gayus juga divonis dalam kasus pemalsuan paspor selama 2 tahun.

"jadi total hukuman untuk Gayus pada kasus sebelumnya sudah 22 tahun," ujar pengacara Gayus, Dion Pongkor.

Artinya dengan vonis yang baru dijatuhkan oleh hakim Suhartoyo selama 6 tahun, maka total hukuman Gayus menjadi 28 tahun. Lalu bagaimana Gayus akan menjalaninya?

"Saya belum bisa komentar soal itu, karena itu sangat teknis sekali. Nanti saja kalau saya sudah dapat gambaran," ujar Kabiro Humas dan Hukum Mahkamah Agung, Ridwan Mansyur kepada merdeka.com. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Vonis Gayus
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini