Tolak People Power a la Amien Rais, Ratusan Sarjana Rakyat Dukung Jokowi

Sabtu, 6 April 2019 09:17 Reporter : Arie Sunaryo
Tolak People Power a la Amien Rais, Ratusan Sarjana Rakyat Dukung Jokowi Ikatan Sarjana Rakyat Dukung Jokowi. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Ratusan warga Karanganyar yang tergabung dalam Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) menentang rencana politikus senior Amien Rais yang akan mengerahkan masa atau people power jika terjadi kecurangan pada Pemilu 2019.

Para sarjana ini menilai rencana tersebut sebagai bentuk intimidasi dan teror terhadap sistem demokrasi yang telah dibangun sejak era reformasi. Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Nasional (DPN) ISRI, Cahyo Gani Saputro, mengatakan statement yang selalu dilontarkan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu sangat tidak mengedukasi masyarakat.

"Pernyataan Pak Amien Rais itu sangat mencederai demokrasi yang sudah kita bangun. Karena mengintimidasi proses demokrasi yang sedang berlangsung," ujar Cahyo, di sela acara deklarasi dukungan untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf di Karanganyar, Jumat (5/4) malam.

Cahyo menyatakan, kecaman rencana people power tersebut dianggap wajar, mengingat masih banyak instrumen yang dapat dimanfaatkan ketika terjadi kecurangan atau persoalan dalam proses pemilu. Baik melalui Bawaslu hingga Mahkamah Konstitusi (MK).

"Sekarang ini Indonesia sudah berhasil menduduki peringkat ketiga dalam berdemokrasi. Tapi ketika kemudian justru masyarakat diajak untuk tidak memercayai sistem dan instrumen yang sudah ada, tentu ini sangat keliru dan harus dilawan," katanya.

Untuk itu, para sarjana rakyat ini berjanji untuk terus mengawal program pemerintah yang berpihak kepada rakyat. Pihaknya juga berkomitmen untuk melawan setiap bentuk ketidakadilan, dan menangkal informasi hoaks yang sangat memprihatinkan.

Ketua DPC ISRI Kabupaten Karanganyar, Heru Susanto Wahyu Saputro menambahkan, ke depan fokus yang akan digarap oleh ISRI adalah mengawal program pemerintah yang pro rakyat. Pasalnya, saat ini sudah cukup banyak program terobosan yang digulirkan oleh pemerintahan Jokowi. Mulai dari pembangunan infrastruktur, pembiayaan usaha, pembagian sertifikasi tanah dan lainnya.

"Kami sangat mengapresiasi program yang sudah dilakukan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini. Karena dengan program yang sudah dijalankan tersebut terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia," jelas dia. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini