Tol Semarang-Solo Yang Ambrol Masih Bisa Dilewati

Kamis, 27 Desember 2018 04:01 Reporter : Arie Sunaryo
Tol Semarang-Solo Yang Ambrol Masih Bisa Dilewati Tol Semarang - Solo Yang Ambrol Masih Bisa Dilewati. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Lereng tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura mengalami longsor akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir. Sesuai hasil pengukuran longsor terjadi sepanjang 16 meter di ruas Salatiga-Kartasura kilometer 489+500.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi, David Wijayatno mengatakan, meski tergerus, longsor tersebut tidak membuat badan jalan ambles. Sehingga ruas jalan menuju Kota Solo dan Jawa Timur tersebut masih bisa digunakan.

"Longsor terjadi dua hari lalu, tanggal 24 Desember 2018 di kilometer 489+500 arah Salatiga menuju Solo. Lereng tergerus air hujan karena saluran air belum berfungsi optimal. Jadi bukan badan jalannya ambrol atau ambles. Badan jalan masih utuh hanya lerengnya saja yang tergerus," ujar David, Rabu (26/12).

Menurut dia, lokasi kejadian masih dapat dilalui satu lajur. Pihaknya juga menjamin kontruksi jalan yang dibangun sesuai tersebut telah sesuai standar yang ditetapkan.

Sementara itu, Direktur Teknik PT JSN, Aryo Gunanto menambahkan, dibutuhkan waktu 4 hari untuk melakukan perbaikan dan penyelesaian longsornya rounding timbunan tersebut.

"Mudah-mudahan bisa kita selesaikan dalam 4 hari ini, sehingga sebelum tahun baru tol Semarang-Solo ini bisa normal lagi," jelasnya.

Aryo menerangkan perbaikan dilakukan dengan membongkar saluran air yang rusak akibat gerusan air hujan. Bongkaran tanah kemudian dipindahkan dan dimasukkan ke dalam truk dengan eskavator. Sementara sebagian tanah lainnya ditumpuk di pinggir badan jalan, untuk melindungi pengguna tol. Namun malam ini seluruh tanah yang menumpuk akan dipindahkan semua, sehingga badan jalan bisa dilewati.

"Setelah pengerukan nanti, salurannya akan diperbaiki, pemasangan batunya akan dilakukan lagi. Setelah itu timbunan tanahnya dikembalikan lagi, dipadatkan lagi sampai ke atas. Kami minta maaf kepada masyarakat para pengguna tol, karena perjalanannya terganggu. Dan selanjutnya akan kita perbaiki agar tidak mengganggu kenyamanan dalam perjalanan," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini