Tokoh Papua Sumbang 10 Ha Tanah, Jokowi Bilang 'Tahun Depan Istana Dibangun di Sana'

Selasa, 10 September 2019 13:06 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Tokoh Papua Sumbang 10 Ha Tanah, Jokowi Bilang 'Tahun Depan Istana Dibangun di Sana' Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Tokoh Papua yang juga Ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo menyumbangkan 10 hektar tanahnya untuk dibangun Istana Presiden di Bumi Cendrawasih. Hal tersebut juga sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya Abisai Rollo menyumbangkan kepada negara tanah 10 hektar untuk dibangun Istana Presiden RI," kata Abisai di hadapan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Sehingga, kata dia, perjalanan Jokowi ke Papua tidak dapat terhambat. Dan bertujuan sering berkantor di sana.

"Maka saya minta dengan hormat untuk bangun Istana Presiden di Papua. Sehingga bapak Presiden dalam lima tahun ini jadi presiden pertama yang berkantor di Istana Presiden di Papua," kata Abisai.

Kemudian setelah itu, mantan Gubernur DKI Jakarta menjawab langsung terkait permintaan tersebut. Pernyataan tersebut pun disambut sorak gembira oleh mereka yang hadir di istana.

"Jadi mulai tahun depan Istana ini akan dibangun. Sudah," kata Jokowi di hadapan para tokoh-tokoh Papua di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

Sebelum memutuskan hal tersebut, Jokowi sempat berkonsultasi dengan anak buahnya. Sebab menurut dia, istana tidak semudah dibangun di Bumi Cenderawasih. Kata dia, perlu ada tanah yang luas. Tetapi persoalan tersebut sudah dijamin. Pihak Papua sudah menyiapkan 10 hektare tanah gratis.

"Istana, ini kan yang sulit tanahnya. Ini tanahnya tadi disediakan 10 hektare gratis. Benar sudah ada? Nanti kalau disampaikan hari ini de facto sudah diserahkan. Saya diskusi dulu dengan para menteri," kata Jokowi. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini